Kompas TV nasional sosial

Sektor Pertanian Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi, Sri Mulyani: Tetap Positif di Tengah Pendemi

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 14:27 WIB
sektor-pertanian-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-sri-mulyani-tetap-positif-di-tengah-pendemi
Ilustrasi sektor pertanian Indonesia. (Sumber: Kementerian Pertanian)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sektor pertanian disebut oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani sebagai kunci pemulihan ekonomi negara yang sempat terperosok akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan.

Dalam webinar internasional bertajuk Strategy for Strengthening Indonesian Agriculture, Sri Mulyani menilai kemampuan sektor pertanian dalam membuka banyak lapangan kerja dapat menjadi penyumbang utama PDB negara.

"Dalam beberapa tahun terakhir, pertanian tumbuh terus menerus, bahkan mencapai tiga hingga empat persen dan tetap positif di tengah pandemi Covid-19 berkepanjangan," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers acara tersebut, Kamis (27/5/2021).

Baca Juga: Airlangga Hartarto Paparkan Strategi Penguatan Ketahanan Pangan Nasional

Sri Mulyani mengatakan, sampai detik ini sektor pertanian mampu mendorong ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia dengan begitu cepat.

Ditambah pula, kemampuan menyiapkan ketersediaan pangan dalam menghadapi kemungkinan adanya ancaman krisis pangan global.

"Pertanian merupakan salah satu sektor kunci untuk mendukung perekonomian domestik, terutama untuk mendorong ketahanan dan kedaulatan pangan nasional, dalam menghadapi ancaman krisis global," jelas Sri Mulyani.

Baca Juga: Pemerintah Diharapkan Menghentikan Kuota Impor Garam Bagi Industri Aneka Pangan

Melihat data statistik pada Agustus 2020, setidaknya ada 38,23 juta orang yang bekerja di sektor pertanian, dengan tingkat produktivitas tahunannya stabil dalam posisi tren meningkat, yaitu rata-rata 10 persen per tahun.

"Pemerintah juga akan terus menyediakan anggaran untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan mendukung pemulihan ekonomi yang lebih baik," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Sri Mulyani menyebutkan, Indonesia saat ini sudah membangun lumbung pangan nasional atau food estate di Provinsi Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa pembangunan ketahanan pangan oleh pemerintah sudah berada dalam trek yang tepat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x