Kompas TV regional berita daerah

Perayaan Waisak Ditiadakan, Candi Borobudur Hanya Dipakai Ibadah Rutin

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Candi Borobudur tidak digunakan untuk menggelar ibadah perayaan Waisak. Namun puluhan umat Buddha dari Magelang dan sekitarnya dengan khidmat menggelar uposatha mandala puja di kompleks Candi Borobudur. Kegiatan tersebut adalah salah satu kegiatan keagamaan rutin yang dilakukan oleh umat Buddha setiap satu bulan dua kali. Namun dalam kegiatan uposatha mandala puja tetap menerapkan protokol kesehatan. Uposatha mandala puja pun ditutup dengan ritual pradaksina yakni mengelilingi Candi Borobudur sebanyak 3 kali.

Uposatha mandala puja yakni memperingati bulan gelap dan terang sesuai dengan penanggalan kalender bulan, dan bukan  rangkaian dari perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak.

"Kegiatan hari ini adalah kegiatan mandala puja, Borobudur, dalam rangka hari uposatha, dan kebetulan kita juga pada saat ini adalah bertepatan dengan Tri Suci Waisak 2565 Buddhist Era," kata Sangha Agung Indonesia Bante Ditthi Sampano, kepada wartawan di Candi Borobudur.

Kawasan wisata Candi Borobudur telah beroperasi sejak 18 Mei 2021 setelah sempat ditutup pada liburan lebaran kemarin sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

#Waisak #CandiBorobudur #Magelang

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x