Kompas TV internasional kompas dunia

Amazon Beli MGM Studios Rp120, 7 T untuk Hadapi Gempuran Netflix, HBO Max, dan Disney+

Kamis, 27 Mei 2021 | 12:22 WIB
amazon-beli-mgm-studios-rp120-7-t-untuk-hadapi-gempuran-netflix-hbo-max-dan-disney
Logo Amazon. (Sumber: AP Photo / Steven Senne)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Amazon Inc. membeli salah satu studio film besar di Hollywood, MGM Studios. Amazon menggelontorkan dana sebesar 8,45 miliar dollar AS atau sekitar Rp 120,7 triliun.

Mengutip dari Variety (27/05/2021), langkah Amazon ini merupakan strategi untuk menambah konten film dan tayangan lainnya di streaming. Lantaran banyak pesaing baru bermunculan seperti HBO Max dan Disney+. Serta tentu saja pesaing terbesarnya, Netflix.

Amazon juga ingin memanfaatkan peluang untuk mengambil keuntungan dari franchise film James Bond dan Rocky yang kemungkinan akan terus dibuat versi terbarunya.

Setelah membeli MGM Studios, Amazon berharap bisa menawarkan lebih banyak konten kepada para pelanggan barunya yang sebanyak 200 juta orang. Amazon ingin agar pelanggan tetap setia menggunakan layanannya, termasuk untuk belanja online karena pesaingnya, Walmart, telah meluncurkan toko online yang lebih canggih.

Baca Juga: Pesan Obat Kumur di Amazon, Pria Ini Malah Dapat Ponsel Seri Terbaru Xiaomi

"Nilai finansial sebenarnya di balik kesepakatan ini adalah harta karun berupa isi katalog film dan acara TV MGM yang rencananya akan kami tata ulang dan kembangkan bersama dengan tim berbakat MGM," kata VP senior dari Prime Video dan Amazon Studios, Mike Hopkins.

Sementara bagi MGM, akuisisi oleh Amazon menjadi akhir dari era pasang surut kinerjanya selama dimiliki oleh perusahan hedge fund atau manajer investasi. MGM yang sempat mengalami kebangkrutan karena banyaknya utang, diselamatkan oleh kelompok hedge fund pada 2010.

Perusahaan investasi Anchorage Capital Group LLC menjadi pemilik saham terbesar MGM sejak 1 dekade lalu, sebagai perjanjian untuk menghapus utang MGM sekitar 4 miliar dollar AS.

Tahun lalu, pendapatan kotor MGM naik 48 persen dibanding 2019, menjadi sebesar 307 juta dollar AS.

Baca Juga: Amazon Menang Banding Kasus Tunggakan Pajak Rp4,3 T

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19