Kompas TV regional berita daerah

Gagal Panen Petani Jual Gabah Kepeternak Sapi

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 17:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Petani di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, merugi karena mengalami gagal panen akibat kekeringan. Sekitar puluhan hektar sawah alami gagal panen karena sawahnya tak teraliri air.



Para petani di wilayah Blok Sawah Lega, Kampung Sukatani, Desa dan Kecamatan  Ciracap Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, saat ini mengalami kerugian dari hasil tanam padi karena mengalami gagal panen. Padi yang ia tanam di sawahnya tersebut mengering karena sawahnya tak teraliri air akibat kekeringan. Hingga saat ini kekeringan pun sudah berjalan sekitar 2 bulan.

Sekitar puluhan hektar sawah yang sudah mengalami gagal panen, sehingga para petani harus memotong padinya yang mengering, dan menjual gabahnya ke peternak sapi untuk dijadikan pakan sapi. Meski gabah tersebut bisa dijual, namun sangat jauh untuk menutupi modal biaya yang ia keluarkan untuk menanam padi. Mereka pun hanya dibayar seikhlasnya oleh peternak sapi, yang biasanya hanya 20 ribu rupiah dalam sekali kirim.


Setidaknya di Blok Sawah Lega ini ada sekitar 350 hektar sawah, yang terancam gagal panen karena kekeringan. Masyarakat berharap ada solusi dari Pemerintah yaitu pembangunan saluran irigasi yang memadai untuk mensuplasi air untuk pesawahan di wilayah Ciracap ini.


Sementara itu wilayah Ciracap sendiri adalah salah satu wilayah penghasil padi terbesar di Kabupaten Sukabumi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.