Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jadi Pangkostrad, Ini Jumlah Satuan yang Dipimpin Dudung Abdurachman

Rabu, 26 Mei 2021 | 15:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mayjen TNI Dudung Abdurachman ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Rabu (26/5/2021).

Penunjukan Dudung sebagai Pangkostrad tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/435/V/2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang diterbitkan pada hari Selasa 25 Mei 2021.

Dudung menggantikan Letjen TNI Eko Margiyono yang menduduki jabatan baru sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Memiliki tanggung jawab baru, Dudung kini membawahi 3 Divisi Infanteri (Divif). Dua di antaranya bermarkas di pulau Jawa, sedangkan satu lagi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Divisi Infanteri 1 Kostrad/Prakasa Vira Gupti, terletak di Cilodong, Jawa Barat.

Satuan tempur ini memiliki 14 satuan setingkat batalyon, 3 satuan setingkat detasemen, 1 satuan setingkat kompi, dan 1 satuan bantuan administrasi berupa Ajudan Jenderal.

Divisi Infanteri 2 Kostrad/Vira Cakti Yudha, bermarkas di Singosari, Malang, Jawa Timur. Satuan tempur ini memiliki 17 satuan setingkat batalyon, 3 satuan setingkat detasemen, 1 satuan setingkat kompi, dan 1 satuan satuan bantuan administrasi berupa Ajudan Jenderal.

Divisi Infanteri 3 Kostrad/Darpa Cakti Yudha, bermarkas di Kabupaten Gowa, Selawesi Selatan. Divisi yang baru dibentuk pada tahun 2018 lalu ini baru memiliki 7 satuan setingkat batalyon.

Untuk ke depannya, TNI Angkatan Darat berencana menambah personel dan alutsista untuk satuan tempur Divif 3.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:58
PEBALAP MOTOGP JACK MILLER PERPANJANG KONTRAK DENGAN DUCATI HINGGA 2022   SPONSOR RESMI, ASAHI SHIMBUN, DESAK OLIMPIADE TOKYO DIBATALKAN DEMI KESELAMATAN PUBLIK KARENA MASIH PANDEMI   RUSIA KERAHKAN 3 PESAWAT PENGEBOM JARAK JAUH BERKEMAMPUAN NUKLIR KE PANGKALANNYA DI SURIAH   WHO SEBUT VARIAN VIRUS KORONA B1617 INDIA TELAH TERCATAT DI 53 WILAYAH   WAKIL DUBES RI UNTUK INDIA, FERDY NICO YOHANES PIAY, MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   PER JULI 2021, SEMUA PUSAT PERBELANJAAN GIANT DITUTUP   SEMUA TEMPAT WISATA DI KLATEN, JATENG, DITUTUP SEMENTARA HARI INI HINGGA BESOK DAN DIBUKA LAGI PADA 28 MEI 2021   BMKG KELUARKAN PERINGATAN DINI POTENSI GELOMBANG TINGGI 6 METER DI PESISIR PANTAI SELATAN JAWA   NARAPIDANA TERBANYAK YANG MENDAPAT REMISI KHUSUS WAISAK DARI KANWIL KEMENKUMHAM SUMUT YAKNI 221 ORANG   SEBANYAK 1.078 NARAPIDANA DAPAT REMISI KHUSUS WAISAK DARI KEMENKUMHAM   BI BERENCANA MENGELUARKAN MATA UANG DIGITAL ATAU "CENTRAL BANK DIGITAL CURRENCY" (CBDC)   AMNESTY INTERNATIONAL MINTA ALASAN PUTUSAN PEMBERHENTIAN 51 PEGAWAI KPK DISAMPAIKAN KEPADA PUBLIK   AMNESTY INTERNATIONAL DESAK PIMPINAN KPK JELASKAN SECARA TRANSPARAN KRITERIA PENILAIAN TES WAWASAN KEBANGSAAN   AMNESTY INTERNATIONAL INDONESIA MENILAI PEMBERHENTIAN 51 PEGAWAI KPK LANGGAR HAK SIPIL DAN HAK PEKERJA