Kompas TV regional berita daerah

Tokoh Adat Dan Masyarakat Tetapkan Hut Ro'ong Tinoor

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 12:41 WIB
Penulis : KompasTV Manado

TOMOHON, KOMPAS.TV- Dengan melibatkan ahli sejarah dan budayawan, warga Tinoor Kecamatan Tomohon Utara sepakat menetapkan sejarah berdirinya desa. Dalam kesepakatan ini, para tokoh masyarakat menetapkan 31 Agustus 1774 sebagai hari berdirinya Ro'ong Tinoor.

Melalui pembahasan selama hampir 8 jam, para tokoh masyarakat Kelurahan Tinoor 1 dan Tinoor 2 akhirnya menyepakati penetapan sejarah berdirinya desa.

Pembahasan dilakukan dalam sebuah seminar yang melibatkan ahli sejarah, budayawan dan pihak terkait lainnya, di BPU Kelurahan Tinoor Dua, Selasa siang.

Seminar yang turut dihadiri Wakil Wali kota Tomohon Wenny Lumentut ini membahas  penetapan sejarah dan hut berdirinya Ro'ong Tinoor.

Beberapa poin yang disepakati dalam seminar ini adalah penetapan HUT berdirinya Ro'ong Tinoor yakni pada tanggal 31 Agustus 1774. Selain itu, para tokoh masyarakat juga merekomendasikan pembentukan majelis adat dan panitia perayaan hut Ro'ong Tinoor.

Wakil Wali kota Tomohon Wenny Lumentut mengapresiasi pelaksanaan seminar sejarah Ro'ong Tinoor.

Ia juga mengatakan, Pemkot Tomohon kedepannya akan melakukan pendataan kembali tiap Kelurahan, agar memudahkan Pemerintah dalam memberikan bantuan.

Menindaklanjuti hasil seminar, warga Tinoor akan membentuk panitia perayaan HUT Ro’ong Tinoor, Yayasan adat dan budaya serta merekomendasikan penulisan terbaru buku sejarah Ro’ong Tinoor.

#kompastvmanado #ro’ongtinoor #pemkottomohon

Yongke Londa Kompas tv Tomohon

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x