Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Peringkatkan Potensi Banjir Rob Saat Gerhana Bulan Total Malam Ini, 26 Mei 2021

Rabu, 26 Mei 2021 | 13:04 WIB
bmkg-peringkatkan-potensi-banjir-rob-saat-gerhana-bulan-total-malam-ini-26-mei-2021
Gerhana bulan istimewa Super Blood Wolf Moon mulai tampak sempurna dilihat dari Miami, Florida, Amerika Serikat, Minggu (20/1/2019). Menurut badan antariksa milik pemerintah Amerika Serikat, NASA, fenomena Super Blood Wolf Moon yang muncul pada 20 hingga 21 Januari 2019 itu sangat jarang muncul dan hanya penduduk di 28 negara yang dapat menyaksikannya dengan jelas. (Sumber: AFP/GASTON DE CARDENAS)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gerhana bulan total akan berlangsung malam ini, Rabu (26/5/2021). Fenomena ini diperkirakan akan berlangsung pada pukul 18.09 hingga 20.51 WIB. 

Terkait fenomena alam yang langka ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan kondisi pasang air laut maksimum. 

Fenomena gerhana bulan total atau Super Blood Moon akan memicu pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir rob di sebagian wilayah pesisir di Indonesia. 

"Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah yang secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar-muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," tulis BMKG dalam keterangan tertulis di situsnya, Rabu (26/5/2021).

Sejumlah wilayah pesisir yang berpotensi dilanda banjir rob: Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. 

Baca Juga: Wah, Ternyata Besok Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu Optik!

Banjir rob berpotensi terjadi pada 26-31 Mei. Berdasarkan pantauan BMKG, peningkatan tinggi gelombang hingga 3 meter sudah terjadi di sejumlah wilayah perairan di Indonesia, di antaranya Laut Jawa, Laut Banda, Laut Flores, Laut Arafuru, perairan barat Sumatera, dan perairan selatan Jawa hingga NTT.

"Masyarakat diimbau selalu waspada dan bersiaga mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," tulis BMKG.

BMKG juga mengimbau warga di pesisir untuk mewaspadai adanya air pasang tinggi. 

Peristiwa alam gerhana bulan total ini disinyalir dapat terlihat dari seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja, hanya wilayah Papua yang dapat menyaksikan proses gerhana dari awal sampai akhir. Sedangkan daerah lain hanya dapat menyaksikan sebagian prosesnya saja.

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19