Kompas TV nasional agama

Ucapan Selamat Hari Waisak yang Cocok Dikirim untuk Teman, Kolega, dan Keluarga

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 10:37 WIB
ucapan-selamat-hari-waisak-yang-cocok-dikirim-untuk-teman-kolega-dan-keluarga
Sejumlah Biksu mengikuti kirab saat prosesi kirab Waisak 2563 BE/2019 di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). (Sumber: kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Hari ini, Rabu (26/5/2021) bertepatan dengan Perayaan Tri Suci Hari Raya Waisak 2565 BE/2021.

Dalam perayaannya, Waisak diyakini sebagai peringatan hari kelahiran Sang Siddharta Gautama, pencapaian kesempurnaan menjadi Buddha, serta parinibbana atau wafatnya Buddha Gautama.

Bagi sebagian umat Buddha, hari kelahiran ini menjadi penting, pasalnya melalui momentum ini setiap umat Buddha dapat menemukan makna hidup dan merefleksikan ajaran-ajarannya.

Baca Juga: Persiapan Perayaan Tri Suci Waisak

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Murdaya, musuh manusia bukan siapa-siapa melainkan adalah sang aku yang egois dan membelenggu diri sendiri di dalam emosi sang ego.

"Dalam setiap batin manusia dan semua makhluk memiliki sifat asli sang Buddha atau Buddha Nature yang mampu menguatkan semua hal buruk menjadi sesuatu kedamaian dan menggembirakan melalui kebijaksanaan, moralitas yang tinggi, dan meditasi atau konsentrasi," jelasnya dalam Perayaan Tri Suci Waisak Perwakilan Umat Buddha Indonesia secara virtual, Rabu (26/5/2021).

Pada momentum yang sangat penting ini, biasanya seluruh umat Buddha akan saling memberi ucapan kepada satu dan lainnya. Tidak hanya itu, beberapa lembaga ataupun masyarakat umum juga turut mengucapkan kepada teman, kolega, dan keluarga pemeluk agama Buddha atau yang merayakan.

Berikut ini ucapan yang bisa digunakan dalam Perayaan Hari Raya Waisak 2565 BE/2021, dikutip dari beberapa sumber:

1. Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE/2021. Semoga kita semua bisa bebas dari belenggu diri sendiri dan bisa hidup dalam kedamaian dan kegembiraan yang tentram juga bahagia.

2. Selamat memperingati Hari Raya Tri suci Waisak 2565 BE/2021 kepada seluruh umat Buddha. Di Hari Raya Waisak, mari kita saling eratkan tali persaudaraan, semangat gotong royong, dan menebarkan kebahagiaan.

Baca Juga: Perayaan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur Ditiadakan Karena Pandemi

3. Selamat Hari Raya Waisak 2565 BE/2021. Semoga berkah Waisak membawa kebahagiaan, kedamaian dan keadilan bagi kita semua. Sabhe Satha Bhavantu Sukitatha. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

4. "Keberagaman yang ada di Indonesia dapat dijaga dengan persaudaraan sejati dan gotong-royong dengan mengembangkan cinta kasih." Selamat memperingati hari Raya Trisuci Waisak 2565 BE/2021.

5. Tri Suci Waisak adalah momen merenungkan segala perbuatan yang telah dilakukan, apakah baik atau buruk untuk kita, maupun pihak lain. Semoga ini menjadi momen bagi kita untuk menilai apa yang sudah kita perbuat. Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE/2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.