Kompas TV video cerita indonesia

Cerita di Balik Batik Karya Ridwan Kamil Yang Mendunia Setelah Dipakai Artis K-Pop Korea

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 02:49 WIB
Penulis : Abdur Rahim

BANDUNG, KOMPAS.TV – Batik buatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bercerita dibalik viralnya batik buatannya setelah dipakai oleh artis K-Pop Korea Selatan, Yesung dan Leeteuk.

Karya batik Jawa Barat buatannya tersebut tercipta dari rasa bosan untuk membeli batik terus menerus.

Emil kemudian mencoba untuk mendesain batik untuk dipakai sendiri. 

 “Saya kan Gubernur yang mendesain apa saja, termasuk mendesain batik yang tadinya didesain untuk diri sendiri, kadang-kadang bosen beli terus. Ternyata banyak yang suka”, ungkap Emil saat memberikan keterangan pers kepada wartawan (25/5).

Salah satu batik buatannya tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada para duta besar yang sempat mengunjungi Papuas sebagai hadiah, salah satunya adalah Duta Besar Korea Selatan.

Baca Juga: Leeteuk dan Yesung Super Junior Pakai Batik Jawa Barat, Begini Respon Ridwan Kamil

“Ada satu desain batik yang saya jadikan hadiah buat duta besar kalau datang ke Papua, salah satunya Duta Besar Korea. Saya tidak menduga ternyata dia menjahit, dipakai diposting dengan bangganya”, tambahnya.

Usai memberikan hadiah  batik tersebut, Dubes Korea Selatan pun menyukainya. Bahkan, Ridwan Kamil juga  diminta Selatan untuk memberikan batik tersebut kepada artis K-Pop Korea.

“Kemudian (Dubes Korea) minta izin, Pak Gub bisa ga ngasih ke K-Pop Star, saya kasih. Ternyata dipakai, didesain, sekarang viral. Sehingga ini adalah diplomasi budaya. Batik Indonesia Jawa Barat satu hari akan mendunia, karena orang Korea pun pakai batik”, tambahnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x