Kompas TV nasional politik

51 Pegawai KPK yang Diberhentikan Masih Bisa Bekerja Hingga 1 November 2021

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 19:51 WIB
51-pegawai-kpk-yang-diberhentikan-masih-bisa-bekerja-hingga-1-november-2021
Kepala Badan Kepegawain Negara (BKN) Bima Haria Wibisana bersama Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan pers hasil rapat KPK, BKN dan Kemenpan RB, terkait 75 Pegawai KPK yang tidak lolos TWK, Selasa (25/5/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memutuskan 51 dari 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) diberhentikan dari lembaga antirasuah.

Sisanya 24 pegawai masih dimungkinkan dilakukan pembinaan, sebelum diangkat jadi ASN.

Kepala Badan Kepegawain Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan 51 pegawai KPK yang tidak lolos TWK masih dapat bekerja hingga 1 November 2021.

Baca Juga: 51 Pegawai KPK Dipecat, MAKI: Apakah Mereka Pemberontak dan Menentang Ideologi Pancasila?

Hal tersebut sesuai dangan Undang-Undang sampai 1 November semua pegawai KPK harus sudah menjadi ASN.

Selain itu, kebijakan tersebut sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo dan pertimbangan Mahkamah Konstitusi (MK), yakni proses alih status pegawai KPK menjadi ASN tidak merugikan pegawai.

Kemudian tindak lanjut terhadap pegawai KPK yang tak lolos TWK juga didasarkan pada dua undang-undang, yakni Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

“Jadi pegawai yang tidak memenuhi syarat 51 orang ini masih akan menjadi pegawai KPK sampai November 2021,” ujar Bima saat jumpa pers di kantor BKN, Selasa (25/5/2021).

Baca Juga: 6 Lembaga Bertemu Bahas 75 Pegawai KPK Tidak Lolos TWK, Berikut 3 Hasil Pertemuannya

Lebih lanjut Bima menjelaskan ada tiga aspek penilaian dalam TWK, yakni aspek pribadi, aspek pengaruh dan aspek PUNP (Pancasila, UUD 1945 serta seluruh peraturan perundang-undangan, NKRI dan pemerintah yang sah).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x