Kompas TV nasional aiman

Pegasus di Teror Eks Pimpinan KPK - AIMAN

Selasa, 25 Mei 2021 | 18:57 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Teror kembali menyasar aktivis. Kali ini, para pegiat antikorupsi dan tokoh yang gencar menyuarakan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menjadi sasaran teror digital. Acara konferensi pers daring pada Senin (17/5), tentang pelemahan KPK melalui penonaktifan 75 pegawai, yang diselenggarakan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan dihadiri para pegiat antikorupsi dan mantan pimpinan KPK lintas periode, dikacaukan. Sejumlah gangguan, diantaranya panggilan telepon masif dari nomor-nomor tak dikenal, peretasan aplikasi, dan penyusupan peserta “siluman” berlangsung sepanjang acara. Ironisnya, puncak teror terjadi di hari yang sama ketika Presiden Jokowi meminta para pegawai KPK yang tak lolos TWK tidak dipecat.
 
Ada apa dibalik ini semua?
 
Jurnalis senior Kompas TV, Aiman Wijaksono, mendatangi kantor ICW untuk melihat bagaimana rentetan teror kerap terjadi saat ICW mengadvokasi KPK. Apa analisa para peneliti ICW terhadap aksi teror ini? Bagaimana pula testimoni para peserta konferensi? 
 
Aiman mewawancarai Nisa Zonzoa, salah satu peneliti ICW, yang mendapat teror saat itu. Akun belanja onlineNisa tiba-tiba diretas dan muncul pesanan makanan bertubi-tubi, saat Nisa sedang memandu konferensi pers. Apa yang kemudian dilakukan Nisa? Aiman juga mewawancarai mantan pimpinan KPK, Saut Situmorang, yang saat itu menjadi peserta konferensi. Bagaimana pendapat Saut yang pernah berkiprah di Badan Intelijen Negara (BIN), terhadap teror dan peretasan, dari sudut pandang intelijen. Apakah ini merupakan upaya pembungkaman terhadap kebebasan demokrasi? Siapa pelakunya? Apa pula kajian ahli forensik digital, Ruby Alamsyah, terhadap peretasan yang tergolong canggih ini? Alat apa yang digunakan dan berapa harganya? Terakhir, sejauh mana peran Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terhadap serangan digital yang marak terjadi akhir-akhir ini. 

Penulis : Krisna Aditomo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19