Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Santri Asal Kendal Swab Antigen, 1 Santri Positif

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Ratusan santri asal Kendal, Jawa Tengah yang akan kembali ke sejumlah pondok pesantren, menjalani tes swab antigen. Satu santri diketahui positif Covid 19, namun tetap diberangkatkan ke pondok pesantren dengan dikawal petugas dari Dinas Kesehatan, Kabupaten Kendal untuk menjalani isolasi di pondok pesantren.

Ratusan santri asal Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini menunggu giliran untuk mendapatkan swab antigen di halaman Stadion Utama Kebondalem, Kendal. Tes swab antigen kepada santri yang hendak kembali ke pondok pesantren di sejumlah daerah ini, dilakukan untuk mengetahui kesehatan santri sebelum kembali ke pondok untuk belajar.

Dari hasil pemeriksaan swab antigen ini diketahui 1 santri positif Covid-19. Meski diketahui positif Covid-19, namun santri tersebut tetap akan diberangkatkan kembali ke pondok pesantren. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan bagi santri santri yang terpapar virus korona, tetap akan diberangkatkan ke pondok pesantren tujuan dengan perlakuan yang lebih khusus. Selanjutnya kebutuhan santri selama menjalani isolasi di dalam pondok, menjadi tanggungjawab pihak pengurus pondok pesantren.

Sementara itu salah satu santri yang menjalani tes mengaku senang bisa mendapatkan fasilitas tes rapid antigen dari pemerintah secara gratis. Pasalnya swab antigen ini merupakan syarat wajib bagi santri yang akan kembali belajar di pondok pesantren.

Rencananya rapid antigen kepada santri ini akan menyasar 1.000 santri asal Kendal, yang akan diberangkatkan dan kembali ke pondok pesantren masing-masing. Kebanyakan santri ini kembali ke Pondok Pesantren Modern Darussalam, Gontor, Jawa Timur dan Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. 

 #PondokPesantren #TesRapidAntigen #Covid19

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x