Kompas TV nasional politik

Politikus PDI Perjuangan: Ganjar Bukan Kader Terbaik dan Kena Teguran Puan Maharani

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 11:43 WIB
politikus-pdi-perjuangan-ganjar-bukan-kader-terbaik-dan-kena-teguran-puan-maharani
Anggota Komisi I DPR RI dari PDI-P Effendi Simbolon mengapresiasi komitmen pemerintahan Jokowi untuk Sumut dengan selesainya pengerjaan dua jalan tol, Senin (9/10/2017). (Sumber: KOMPAS.com / Mei Leandha)
Penulis : Fadhilah | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polemik internal PDI Perjuangan semakin memanas setelah Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tidak mengundangnya pada acara temu kader se-Jawa Tengah di Semarang pada Sabtu (22/5/2021) lalu.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai bahwa ada rivalitas antara kubu Puan dan kubu Ganjar di PDIP.

Hal itu sebagai buntut munculnya nama Ganjar dan Puan di sejumlah lembaga survei calon presiden (capres) 2024.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ternyata Sudah Bertahun-tahun Dievaluasi PDIP, Dianggap Tak Bisa Ditolerir

"Ganjar itu kader PDIP yang paling tinggi elektabilitasnya saat ini, itu temuan semua lembaga survei dan Mbak Puan masih kalah jauh," katanya di Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Senin (25/5/2021).

Menurut hasil survei LSI yang dirilis pada 22 Februari, elektabilitas Ganjar sebesar 10,6 persen. Sementara Puan Maharani hanya 0,8 persen.

"Tetapi angka elektabilitas Mas Ganjar itu masih belum dominan, masih mudah di-challenge, baik oleh internal PDIP sendiri maupun oleh pihak luar," dia menjelaskan.

Djayadi menduga tidak diundangnya Ganjar saat Puan memberikan arahan untuk Pemilu 2024 sebagai imbas dari persaingan keduanya.

"Itu mungkin ada sesuatu yang membuat Mbak Puan dan teman-temannya tidak nyaman begitu," katanya.

Pada kesempatan yang sama, politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon membantah adanya kubu-kubuan di partainya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.