Kompas TV nasional sosok

Dilantik Gantikan Doni Monardo Sebagai Kepala BNPB, Ini Profil Letjen TNI Ganip Warsito

Selasa, 25 Mei 2021 | 11:31 WIB
dilantik-gantikan-doni-monardo-sebagai-kepala-bnpb-ini-profil-letjen-tni-ganip-warsito
Kepala BNPB Baru, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito dilantik di Istana Negara, Selasa (25/5/2021) (Sumber: kompas.com/Firman Taufiqurrahman)

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menobatkan Letnan Jenderal Ganip Warsito sebagai panglima komando gabungan yang bertugas sangat baik melampaui panggilan kewajibannya ketika memimpin di wilayah pertahanan Indonesia bagian timur.

Ganip menjadi komandan gabungan pertama yang bertugas pada tahun 2019 hingga 2020 di markas yang berkedudukan di Biak, Papua. Tugas satuan yang baru terbentuk ini di bawah komando langsung Panglima TNI. 

Setelahnya, ia ditugaskan sebagai Kepala Staf Umum TNI sejak 26 Januari 2021. Tak sampai satu tahun, Letnan Jenderal Ganip Warsito kembali pindah tugas.

Kali ini ia dtugaskan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, menggantikan Letnan Jenderal Doni Monardo yang memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021. Selain Kepala BNPB, Letjen Doni adalah Ketua Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021) sekitar pukul 10.30 WIB, setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Siapa Ganip Warsito?

Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito ialah seorang perwira TNI AD aktif yang dilantik menjadi Kepala Staf Umum TNI menggantikan Letnan Jenderal Muhammad Herindra. Herindra kini menjadi Wakil Menteri Pertahanan Indonesia sejak Desember 2020 lalu.

Ganip lahir di Magelang pada 23 November 1963. Lulusan Akademi Militer tahun 1986 ini dinilai berpengalaman di bidang infanteri atau pasukan pejalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan, dilatih, dan disiapkan untuk bertempur jarak dekat.

Ganip pernah belajar di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI), dan juga Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Ketika menjadi Komandan pertama Pangkogabwilhan III, Ganip memperoleh Bintang Dharma, satu dari tanda jasa yang ia peroleh. Tanda jasa ini diberikan kepada perwira TNI yang menyumbangkan jasa bakti dengan melampaui panggilan kewajiban dalam operasi militer sehingga membawa keuntungan luar biasa untuk kemajuan TNI.

Tugas Baru

Kini Ganib bertugas sebagai Kepala BNPB. Satu dari tugas-tugas yang diemban Ganip adalah mengendalikan pelaksanaan tugas dan fungsi unsur pengarah dan unsur pelaksana penanggulangan bencana, termasuk pula Ketua Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19.

Tugasnya tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19