Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ekonom Soal Program Work from Bali: Tidak Efektif dan Tidak Masuk Akal

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 10:05 WIB
ekonom-soal-program-work-from-bali-tidak-efektif-dan-tidak-masuk-akal
Kawasan Nusa Dua, Bali (Sumber: itdc.co.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mencanangkan program Work from Bali untuk PNS. Namun, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menilai, program itu tidak efektif dan tidak masuk akal.

Menurut Enny, Kemenko  sebagai kementerian ekonomi harusnya berpikir matang dalam membuat kebijakan. Jangan malah berpikir dangkal dengan membuat kebijakan yang parsial dan bersifat ad hoc (sementara).

"Progtam Work from Bali akan meningkatkan biaya perjalanan dinas. Padahal sejak tahun lalu, semua kementerian dan lembaga sudah diminta memangkas anggaran hingga Rp1,8 triliun karena fiskal kita kan cekak, " kata Enny kepada KOMPAS TV, Senin (24/05/2021).

Menurut Enny, ekonomi Bali terpuruk karena pandemi Covid-19. Sehingga anggaran pemerintah harusnya dipakai untuk menangani Covid di Bali, agar kurva kasus Covid disana cepat melandai. Misalnya dengan percepatan vaksinasi di Bali.

Baca Juga: Bersaing dengan Bali, Yogya Siap Lakukan "Work from Yogyakarta"

Ia menilai, program Work from Bali tidak akan berdampak signifikan pada ekonomi Bali dan Nasional.

"Contohnya tahun lalu saat pemerintah menunjuk sejumlah daerah untuk menjadi lokasi perjalanan dinas PNS. Ekonomi daerah yang ditunjuk kan nggak naik. Yang ada malah klaster perkantoran yang naik. Itu harusnya jadi bahan evaluasi, " ujar Enny.

Enny mengakui, Bali memang penting dan harus ditolong. Tapi jangan menggunakan kebijakan yang hanya bersifat sementara. Pemerintah harus mempersiapkan Bali terbiasa dengan disiplin protokol kesehatan dan kurva kasus Covid yang melandai.

Sehingga dengan sendirinya program pariwisata Bali aman untuk turis akan efektif.

"Kalau Bali belum siap, PNS yang dipaksa kerja dari sana yang akan menjadi korban," tegas Enny.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x