Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Tunjuk Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB, Gantikan Doni Monardo

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 08:55 WIB
presiden-jokowi-tunjuk-ganip-warsito-sebagai-kepala-bnpb-gantikan-doni-monardo
Sambutan Presiden Jokowi Menyambut Tahun Baru (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menggantikan Doni Monardo yang pensiun 1Juni 2021. Pelantikan Ganip Warsito dilakukan seusai Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan tahun 2021-2024 pada Selasa (24/5/2021) ini. 

Dikutip dari Kompas.id, kabar pergantian Doni Monardo yang memasuki usia pensiun dibenarkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

“Ya, benar, karena Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Senin (24/5/2021).

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Menteri Sekretari Negara Pratikno yang mengungkapkan jika Presiden Jokowi menunjuk perwira TNI aktif sebagai pengganti Doni Monardo.

Baca Juga: Besok, Pimpinan KPK Tindaklanjuti Arahan Jokowi soal Nasib 75 Pegawai Tak Lolos TWK

“Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik pada Selasa pagi,” ujar Pratikno.

Sebagai informasi, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang pada 26 Januari 2021 menjabat sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia. Ganip, lulusan Akmil 1986 dan berpengalaman dalam bidang infanteri.

Jabatan terakhir Ganip Warsito yang merupakan jenderal bintang tiga adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III.

Baca Juga: Surati Presiden Jokowi, 73 Guru Besar Antikorupsi Duga Ada Pihak Ingin Intervensi KPK

Sebelum menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Ganip Warsito juga mengisi sejumlah jabatan. Antara lain, Pangdivif 2/Kostrad (2015—2016), Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI (2016), Pangdam XIII/Merdeka (2016—2018), Pa Sahli Tk. III Bidang Hubint Panglima TNI (2018), dan Asops Panglima TNI (2018—2019).

Selain itu, Ganip Warsito juga tercatat menerima sejumlah penghargaan antara lain, Bintang Dharma (2020), Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.