Kompas TV internasional kompas dunia

Halalbihalal Virtual KJRI Osaka: Gus Mus Ajak WNI di Jepang Jaga Silaturahmi & Hindari Caci Maki

Selasa, 25 Mei 2021 | 03:05 WIB
halalbihalal-virtual-kjri-osaka-gus-mus-ajak-wni-di-jepang-jaga-silaturahmi-hindari-caci-maki
Halalbihalal Virtual KJRI Osaka bersama KH Ahmad Mustofa Bisri. (Sumber: KJRI Osaka)

Penulis : Hariyanto Kurniawan

OSAKA, KOMPAS.TV - Halalbihalal adalah tradisi Indonesia yang tidak ada di negara mayoritas Muslim manapun. Silaturahmi ala Indonesia ini menjadi perekat hubungan sesama Muslim dan antar manusia untuk meraih kasih sayang dan keberkahan dari Allah SWT dalam momen Idulfitri setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan.

Demikian materi ceramah yang disampaikan tokoh agama sekaligus Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kyai Haji Ahmad Mustofa Bisri, atau akrab disapa Gus Mus, yang disampaikan dalam acara halal bihalal bertajuk "Hikmah Ramadan dan Silaturahim Idulfitri 1442 Hijriyah di Masa Pandemi" yang digelar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka melalui virtual Minggu (23/5/2021).

Gus Mus dalam ceramahnya mengkritisi fenomena hari ini di kalangan umat Muslim yang merasa sudah paham ilmu agama, tetapi kerap saling mencaci dan menyalahkan.

"Masalah hari ini adalah hubungan antar manusia. Allah itu Maha Baik. Hobinya Allah adalah mengampuni dosa. Nah kita sesama manusia ini jarang sekali saling sayang. Halalbihalal itu bukan bahasa Arab. Ini tradisi Indonesia. Gak ada di seluruh negara seperti Indonesia dengan halalbihalal setelah salat Idulfitri.

"Setiap halalbihalal saya selalu ajak, ayo cari orang yang kita lukai hatinya dan minta  maaf. Kita kadang terbalik, terlalu percaya diri dalam beribadah tetapi malah saling menyakiti sesama," tegas Gus Mus.

Semangat keberagamaan yang hari ini lanjut Gus Mus, harus diimbangi dengan ilmu pengetahuan dan pemahaman soal agama. Narasi kebencian yang mengatasnamakan agama, justru akan merusak esensi agama yang didasari oleh kebaikan dan kasih sayang sesama makhluk ciptaan Allah.

Seputar pandemi Covid-19 yang melanda semua negara dan komunikasi melalui virtual, Gus Mus meyakini ini adalah bentuk kemudahan yang diberikan Allah kepada manusia.

"Mudah-mudahan kita bisa pahami semua yang diberikan Allah tiada lain adalah rahmat dan kasih sayang-Nya. Semoga Allah angkat pandemi ini. Ini  wabah bersama untuk kita saling jaga kasih sayang. Silaturahim lewat virtual ini pahalanya lebih banyak. Karena ini semua ikhtiar kita melakukan dengan kehendak Allah. Ini semua rahmat dari-Nya," ujar Gus Mus.

Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) Osaka Diana ES Sutikno mengapresiasi ceramah Gus Mus dalam acara ini sebagai penyejuk warga negara Indonesia (WNI) di Jepang.

"Terima kasih dan salam hormat kepada Bapak Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri yang telah bersedia hadir untuk menyapa masyarakat Indonesia di Jepang ditengah pandemi Covid-19. Semoga silaturahmi virtual kita tidak mengurangi niat baik serta amalan kita. Selamat Idulfitri 1442 Hijriah, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin," kata Konjen RI Osaka Diana ES Sutikno.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19