Kompas TV internasional kompas dunia

Sebut Ada Staf Lab Wuhan yang Sakit Mirip Covid-19 Sebelum Wabah, AS Tuduh China Kurang Transparan

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 16:58 WIB
sebut-ada-staf-lab-wuhan-yang-sakit-mirip-covid-19-sebelum-wabah-as-tuduh-china-kurang-transparan
Tim ahli WHO terus melakukan penyelidikan asal-usul pandemi virus corona. WHO belum menutup kemungkinan soal skenario Covid-19 berasal dari kebocoran Lab Wuhan, China. (Sumber foto: Associated Press)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Intelijen Amerika Serikat menyebut tiga peneliti dari Institut Virologi Wuhan (WIV) China mengalami sakit dengan gejala mirip Covid-19 atau flu pada November 2019 atau sebelum wabah.

Isi laporan intelijen ini salah satunya terungkap lewat pemberitaan Wall Street Journal pada Minggu (23/5/2021) waktu Amerika Serikat.

Wall Street Journal mencatat, para peneliti di Lab Wuhan itu mesti menjalani perawatan di rumah sakit “dengan gejala yang konsisten dengan Covid-19 dan penyakit umum musiman (flu)”.

Baca Juga: Diplomat AS di China Telah Peringatkan Bahaya Virus Corona di Lab Wuhan Sejak 2017, tapi Diabaikan

Para pakar pandemi (epidemiologi) dan virus (virologi) yakin virus penyebab Covid-19 mulai menyebar di pusat kota Wuhan sekitar November 2019, tepat saat para peneliti itu mengalami sakit.

Sementara, Institut Wuhan juga belum mau berbagi data mentah, catatan keamanan dan catatan lab mengenai penelitian virus Corona pada kelelawar.

Pemerintah AS pun mengaku curiga atas tindakan China yang tak transparan dan menutupi data soal penelitian virus Corona itu.

"Kami masih memiliki pertanyaan serius terkait masa awal pandemi Covid-19, termasuk asal-usulnya di negara Republik Rakyat China," ujar seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, dikutip dari Wall Street Journal.

Meski begitu, pemerintah AS mengaku tak ingin mendahului WHO yang masih terus melakukan penelitian soal asal mula Covid-19.

“Kami tidak akan membuat pernyataan yang merugikan penelitian WHO yang sedang berlangsung mengenai asal SARS-CoV-2 (virus penyebab Covid-19),” imbuh pihak Dewan Keamanan Nasional AS.

Shi Zhengli, pakar terkemuka WIV mengenai virus corona pada kelelawar pernah membantah Covid-19 berasal dari kebocoran lab Wuhan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.