Kompas TV video cerita indonesia

Ibu Bhayangkari di Jember Bercocok Tanam dengan Sistem Sensorik

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 10:26 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JEMBER, KOMPAS.TV - Memanfaatkan lahan-lahan kosong di halaman belakang Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jember, kelompok ibu bhayangkari kepolisian Resor Jember, Jawa Timur bercocok tanam beragam jenis sayur mayur, tanaman obat keluarga dan juga memelihara ikan.

Mereka bercocok tanam menggunakan metode tradisional dan modern dengan bantuan aplikasi Internet Off Think (IOT) yang dikontrol dengan smartphone.

Dengan teknik sensorik ini, mereka dapat mengontrol waktu penyiraman, pengaturan kelembapan suhu tanah dan tanaman bahkan waktu pemberikan pakan ikan dalam kolam dari jarak jauh.

Selain dapat mengurangi aktivitas di luar rumah dan kerumunan di  masa pandemi Covid-19 juga dapat membantu ketersediaan pangan sehat secara mandiri.

Aplikasi sistem Internet Off Think yang digagas dan dibimbing oleh salah satu praktisi pendidikan, diharapkan dapat membantu kreatifitas ibu bhayangkari khsususnya dan masyarakat pada umumnya.

Meski teknologi ini masih bergantung pada arus kelistrikan sebagai salah satu tenaga penyedot air di dalam sumur dan jaringan internet untuk pengendali, namun dengan inovasi IOT diharapkan menjadi inovasi baru bagi pengurus bhayangkari dan dapat membantu produktivitas hasil pangan ibu rumah tangga saat pembatasan kegiatan di masa pandemi Covid 19.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x