Kompas TV nasional sosial

Awal Pekan, Senin 24 Mei 2021, Waspada Hujan Lebat serta Angin Kencang, BMKG: Terjadi di 17 Wilayah

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 05:15 WIB
awal-pekan-senin-24-mei-2021-waspada-hujan-lebat-serta-angin-kencang-bmkg-terjadi-di-17-wilayah
Ilustrasi hujan lebat disertai petir (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang terjadi hari ini, Senin (24/5/2021).

BMKG memprakirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir di sejumlah wilayah.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Minggu (23/5/2021), disampaikan adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang dari perairan utara Maluku Utara hingga utara Papua Barat.

Baca Juga: Banten Diguncang Dua Gempa Beruntun, Begini Penjelasan BMKG

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Sumatera bagian bagian tengah, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Maluku hingga Maluku Utara, di Papua bagian tengah dan memanjang dari Papua Barat bagian selatan hingga Papua Barat bagian utara.

“Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut,” tulis laman tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Senin (24/5/2021):

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

Baca Juga: Gempa Sumur Banten Terjadi 2 Kali, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

- Bengkulu

- Banten

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Kalimantan Utara

- Kalimantan Timur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x