Kompas TV nasional berita utama

Terus Buru KKB di Papua, Satgas Nemangkawi: Soal Medan dan Geografis, Mereka Lebih Menguasai

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 02:15 WIB
terus-buru-kkb-di-papua-satgas-nemangkawi-soal-medan-dan-geografis-mereka-lebih-menguasai
Kontak tembak kembali terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Personel Satgas Yonif Raider 400/BR yang sedang patroli ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Sumber: TNI)
Penulis : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV- Perburuan terhadap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi. Meski begitu bukan berarti kesulitan tak ditemui Satgas Nemangkawi di lapangan untuk memburu kelompok yang kini sudah diletakkan sebagai teroris itu.

Satgas Nemangkawi mengaku tak akan mundur mengejar KKB meski kondisi geografis dan medan sulit.

"Saat ini mereka termonitor IT sudah kabur dan mundur sampai ke daerah Kuyawage wilayah Lany Jaya, dan pasukan TNI-Polri berhasil menguasai wilayah Puncak Papua," kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy saat berbincang dengan media di Timika, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga: Satu KKB Kabur, Satgas Nemangkawi Pastikan Tewasnya Anak Buah Lekagak Telenggen usai Kontak Tembak

Iqbal tidak menampik jika di lapangan KKB lebih menguasai medan, karena kelompok ini lebih mengenal kondisi geografis Papua.

"Ini adalah daerah tempat mainnya mereka sejak kecil. Medan dan kondisi geografisnya luar biasa. Soal penguasaan medan, mereka (KKB) lebih menguasai daripada kami,” jelas Iqbal.

Selain kondisi geografis, faktor lainnya karena masih ada oknum oknum masyarakat yang diduga memberikan informasi dan perlindungan kepada KKB saat dilakukan pengejaran dari pasukan TNI-Polri. KKB juga selalu menjadikan masyarakat sebagai tameng hidup.

Dalam kondisi tersebut, Kasatgas mengatakan pihaknya kesulitan dalam melakukan penindakan, karena tidak menginginkan adanya jatuh korban dari masyarakat.

Simpatisan KKB dari masyarakat juga menjadi faktor lainnya, hingga KKB dengan mudah melakukan penyerangan terhadap pasukan TNI-Polri saat dilakukan pengejaran.

Baca Juga: Dua Jenazah Anggota KKB Pimpinan Lekagak Telenggen Ditemukan Satgas Nemangkawi di Puncak Papua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.