Kompas TV nasional hukum

Gojek Sampaikan Klarifikasi Soal Peretasan Akun Anggota Indonesia Corruption Watch

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 22:50 WIB
gojek-sampaikan-klarifikasi-soal-peretasan-akun-anggota-indonesia-corruption-watch
Tampilan dalam aplikasi GoJek (Sumber: Kompas.com/BILL CLINTEN)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) pada Kamis (19/5/2021) lalu mengalami peretasan pada akun WhatsApp hingga Gojek milik mereka masing-masing.

Bahkan, Polri mengatakan kasus ini sudah ramai di masyarakat sehingga menjadi atensi.

Merespon hal tersebut, Vice Presiden Corporate Affairs Gojek Audrey Petrini menyampaikan, pihaknya sangat menyayangkan atas kejadian yang menimpa salah satu pengguna layanan Gojek.

Disampaikannya, Gojek telah melakukan pemblokiran terhadap akun terkait sesuai dengan permintaan dari pengguna.

“Kami telah berkoordinasi dengan korban sebagai pelanggan yang merasa dirugikan dalam kejadian ini dan kami siap membantu memberikan bukti-bukti yang diperlukan apabila korban ingin memproses hal ini ke pihak berwajib,” kata Audrey dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTV, Minggu (23/5/2021).

Baca juga: Anggota Komisi III DPR RI Minta Pelaku Teror Siber ke Anggota ICW untuk Ditindak

Audrey menegaskan, jika ada mitra driver Gojek yang dirugikan dalam kejadian serupa, mereka dapat mengajukan klaim penggantian kerugian serta menyumbangkan pesanan tersebut ke Panti Asuhan atau Panti Jompo sesuai ketentuan SOP yang berlaku.

“Mitra driver adalah bagian dari keluarga besar Gojek yang selama ini telah turut berkontribusi bagi masyarakat dalam menghadirkan kemudahan melalui pemanfaatan teknologi, sehingga patut kita hargai bersama,” jelasnya.

Andrey juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas sesama pelanggan dan juga mitra Gojek, apalagi yang bersifat tidak pantas.

“Gojek siap mengambil tindakan tegas dan mendukung jalannya proses hukum lebih lanjut apabila terdapat laporan kepolisian berdasarkan laporan pelanggan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Audrey mengatakan pihaknya terus mengingatkan pengguna dan mitra Gojek agar tidak memberikan kode atau informasi rahasia apapun, termasuk Kode OTP, oleh pihak yang mengaku dari Gojek.

Baca juga: Cerita Peneliti ICW yang Mengaku Diteror dan Diretas Saat Diskusi Bersama Mantan Pimpinan KPK

“Kami mengajak segenap masyarakat untuk saling mengingatkan agar tidak memberikan kode apapun kepada siapapun, karena Gojek dan mitra tidak pernah meminta kode apapun lewat cara apapun,”

“Jika ada keraguan, silakan hubungi customer service kami yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu di 021-50849000 atau melalui email ke [email protected],” pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.