Kompas TV entertainment film

Bikin Bangga! Ini Deretan Budaya Indonesia dalam Film Disney Raya and The Last Dragon

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 19:16 WIB

KOMPAS.TV - Film animasi terbaru Disney Raya and the Last Dragon sudah dirilis pada Maret 2021.

Film ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Raya yang harus mencari naga terakhir demi mengembalikan kedamaian di sebuah tempat bernama Kumandra.

Menariknya, film Raya and the Last Dragon merupakan film pertama Disney yang memiliki latar di Asia Tenggara.

Diceritakan film ini berlatar di Kumandra, tempat 5 suku bernaung.

Masing-masing memiliki budaya yang berbeda dimana latarnya terinspirasi oleh berbagai tempat di Asia Tenggara.

Raya and the Last Dragon mengikuti jejak film Moana yang menceritakan kisah asli berdasarkan mitos dan budaya dari wilayah tertentu.

Dalam presentasinya, produksi ini ditegaskan terinspirasi dari mitos di Asia Tenggara dengan tempat-tempat seperti Indonesia, Thailand, dan Vietnam menjadi latar tim kreatif melakukan riset.

Sebagai bentuk apresiasi dan mencerminkan perwakilan budaya setempat, Disney disebut sengaja memilih penulis skenario Crazy Rich Asians, Adele Lim yang lahir dan besar di Asia Tenggara untuk menulis cerita film ini.

Deretan budaya Indonesia dalam film ini banyak mengadaptasi senjata keris, topeng buto ijo, penggambaran wayang kulit, rumah Gadang dari Sumatera Barat hingga adanya alunan musik dari unsur gamelan. 

Selain itu, soundtrack film ini yang berjudul 'Trust Again' juga dinyanyikan oleh Raisa dan 3 penyanyi Asia Tenggara lainnya. 

Film ini akan dibuat versi bahasa Indonesia dimana Mikha Tambayong, Eva Celia dan Ayu Dewi terpilih jadi pengisi suaranya dan siap tayang di Disney Hotstar pada Juni 2021. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x