Kompas TV video internasional

Detik-Detik Gunung Nyiragongo di Kongo Meletus, Warga Panik Evakuasi Diri

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 10:17 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KONGO, KOMPAS.TV - Untuk pertama kalinya selama hampir dua dekade, Gunung Nyiragongo di Kongo meletus pada Sabtu, 22 Mei 2021.

Peristiwa ini terjadi pada pukul 19.00 waktu setempat. Asap berwarna merah membumbung tinggi dan bertebaran di langit akibat erupsi ini.

Akibat peristiwa ini listrik di permukiman warga terputus di sebagian kota. Ratusan penduduk juga meninggalkan rumah mereka, mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

Menurut penduduk setempat, lahar akibat erupsi ini telah melahap satu jalan raya yang menghubungkan kota Goma dengan Kota Beni di Provinsi Kivu Utara.

Ahli vulkanologi Dario Tedesco mengatakan ada rekahan baru di Gunung Nyiragongo yang menyebabkan lava mengalir ke arah Kota Goma setelah awalnya menuju timur atau ke Rwanda.

Letusan terakhir Gunung Nyiragongo, pada tahun 2002, menyebabkan ratusan orang tewas dan landasan pacu bandara dilapisi lava. Lebih dari 100.000 orang kehilangan tempat tinggal setelah kejadian tersebut, menambah ketakutan di Goma pada Sabtu malam.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.