Kompas TV regional peristiwa

Kapal Motor Tenggelam di Perairan Timur Jambi, 8 Penumpang Masih Dinyatakan Hilang

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 22:25 WIB
kapal-motor-tenggelam-di-perairan-timur-jambi-8-penumpang-masih-dinyatakan-hilang
Evakuasi 18 penumpang KM Wicly Jaya Sakti di Dermaga Kampung Laut, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sabtu (22/5/2021). Kapal tenggelam setelah pecah diterjang gelombang tinggi di perairan timur Jambi. (Sumber: Kompas.id/ DOKUMENTASI BADAN SAR PROVINSI JAMBI. )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAMBI, KOMPAS.TV –  Kapal Motor Wicly Jaya Sakti berpenumpang 26 orang pecah dan tenggelam akibat dihantam gelombang tinggi di perairan timur Jambi, Sabtu (22/5/2021).

Dalam peristiwa tersebut, 18 orang berhasil diselamatkan dan delapan penumpang lainnya dinyatakan hilang hingga Sabtu sore.

Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) Provinsi Jambi Ibnu Harris Al Hussain mengatakan, kapal itu berangkat pukul 05.30 WIB dari Nipah Panjang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Kapal hendak menuju Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Akan tetapi, sebelum sampai tujuan, kapal dihantam gelombang tinggi di perairan Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, lalu tenggelam.

Baca Juga: Kapal Tenggelam Dihantam Gelombang Besar, 19 ABK KM Rejeki Indah Sari Ditemukan!

”Gelombang di perairan itu lebih dari satu meter dan sedang hujan,” kata Humas Basanas Jambi M Lutfi, dikutip dari Kompas.id.

Kabar mengenai musibah ini diketahui Basarnas Provinsi Jambi sekitar pukul 12.45 WIB.

Di lokasi kejadian, penumpang kapal tersebut kemudian ditolong KM Sabang yang tengah melintas.

Sebanyak 18 orang kemudian dievakuasi ke Dermaga Kampung Laut di Tanjung Jabung Timur. Salah seorang di antaranya adalah bayi berusia 1,5 tahun.

Sementara, delapan penumpang lainnya masih belum ditemukan hingga Sabtu malam, pukul 18.30 WIB.

Lutfi mengatakan, pihaknya akan terus mencari penumpang hilang pada Minggu (23/5/2021) pagi. Tim lain juga akan ikut mencari, seperti dari Pos Siaga SAR Kuala Tungkal, Kepolisian Air dan Udara Kepolisian Daerah Jambi, serta Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kampung Laut.

Baca Juga: 14 ABK Korban Kapal Tenggelam di Perairan Sumenep Selamat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x