Kompas TV nasional sosial

JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang Ditutup Buat Jalur Road Bike, Sepeda Lain Gimana, Ini Jawaban Polisi

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 23:05 WIB
jlnt-kampung-melayu-tanah-abang-ditutup-buat-jalur-road-bike-sepeda-lain-gimana-ini-jawaban-polisi
Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang digunakan untuk uji coba lintasan sepeda balap atau road bike. (Sumber: KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang ditutup sementara untuk uji coba lintasan road bike.

Penutupan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang ini akan berlangsung mulai pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB, Minggu (23/5/2021) besok.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogi menjelaskan nantinya hanya sepeda road bike atau sepeda balap saja yang bisa masuk di JLNT yang memiliki panjang 3,4 KM tersebut.

Baca Juga: Ada Uji Coba Lintasan Road Bike, Minggu Pagi JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang Ditutup

Alasannya yakni faktor keamanan, mengingat hembusan angin di atas JLNT kencang dan dibutuhkan sepeda yang memiliki aerodinamis seperti sepeda balap.

"Kalau kendaraan (jenis sepeda) lain akan mix juga nanti berbahaya karena kecepatannya. Tentu ini akan kita lihat perkembangannya seperti apa karena masih uji coba," ujar Sambodo saat dikonfirmasi, Sabtu (22/5/2021).

Sambodo menambahkan selama uji coba ini pihaknya akan menurunkan petugas untuk penjagaan. Termasuk menjaga agar sepeda jenis lain tidak ikut dalam uji coba.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan komunitas sepeda dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) untuk mengawasi pesepeda road bike yang melintasi jalur tersebut.

Baca Juga: Viral Video Mobil Terobos Jalur Sepeda di Jakarta: Ini kan Jalur Sepeda Ya, Om

"Komunitas sepeda Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) yang nanti akan mengimbau dan mengatur cara penggunakan lajur itu. Sementara ini memang hanya untuk road bike. Seperti apa nanti, akan kita lihat," ujar Sambodo.

Sambodo juga mengimbau pesepeda yang ingin ikut uji coba dapat memarkir kendaraannya di tempat yang sudah disediakan. Seperti di TPU Karet Bivak, di Putaran Jalan Saharjo.

“Silahkan parkir kendaraan, kemudian loading dan menggunakan. Tidak lagi bersepeda di Jalan Sudirman kemudian masuk ke tengah. Jadi gunakanlah lajur yang sudah disiapkan," ujarnya Sambodo.

Baca Juga: Kisah Viral Pria Bersepeda Tersesat, Mengandalkan Google Maps Malah Masuk Hutan

Adapun dalam uji coba ini akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Untuk arus kendaraan dari Tanah Abang menuju Kampung Melayu dapat melalui Jalan KH. Mas Mansyur - Jalan Dr. Satrio - Jalan Raya Casablanca - Jalan Dr. Saharjo.

Lalu putar balik Selatan menuju Jalan Abdullah Syafei, dan seterusnya (JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang).

Kendaraan yang akan berputar dari arah Barat di bawah flyover Dr. Saharjo dialihkan menuju Jalan Dr. Saharjo, lalu berputar arah Selatan di Jalan Dr. Saharjo. Kemudian berputar arah Utara di depan Balai Sudirman.

Untuk pengalihan arus kendaraan dari Kampung Melayu menuju Tanah Abang dapat melalui Jalan KH Abdullah Syafei - Jalan Dr. Saharjo, berputar arah Utara di depan Balai Sudirman - Jalan Pal Batu Raya - Jalan Raya Casablanca - Jl. Dr. Satrio - Jl. KH. Mas Mansyur.

Baca Juga: Isi Waktu Ngabuburit Dengan Berlatih Sepeda BMX

Sedangkan untuk kendaraan yang akan berputar arah Selatan di depan Citywalk Sudirman, dialihkan di bawah flyover Karet Bivak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x