Kompas TV internasional kompas dunia

Dorong Program Vaksinasi Lokal, Distrik di Thailand Buat Undian Berhadiah Sapi

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 18:34 WIB
dorong-program-vaksinasi-lokal-distrik-di-thailand-buat-undian-berhadiah-sapi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (Sumber: AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

THAILAND, KOMPAS.TV – Dalam upaya untuk mendorong gerakan vaksinasi lokal, sebuah distrik di utara Thailand meluncurkan undian berhadiah bagi warga yang telah divaksin Covid-19 untuk memenangkan seekor sapi setiap minggunya hingga akhir tahun ini.

Dilansir dari beberasa sumber media, mulai bulan depan, satu orang yang beruntung di distrik Mae Chaem di Provinsi Chiang Mai akan dipilih secara acak tiap minggu untuk memenangkan seekor sapi muda senilai 10.000 baht atau sekitar Rp4,5 juta.

Sejak diumumkan awal pekan ini, kampanye ini direncanakan berlangsung selama 24 minggu dan mendapat antusiasme tinggi di kota berpenduduk 43 ribu jiwa itu.

“Jumlah pendaftar vaksinasi meningkat dari ratusan ke ribuan hanya dalam hitungan hari, warga desa sangat suka sapi, karena sapi dapat dijual kembali” kata kepala distrik Boonlue Thamtharanurak kepada Reuters.

Menurut Boonlue, lebih dari 4.000 orang dari kelompok prioritas, termasuk lansia berusia lebih dari 60 tahun dan mereka dengan kondisi khusus, sudah terdaftar untuk divaksin.

Baca juga: Thailand Deteksi Varian India Pertama pada Seorang Perempuan Hamil yang Baru Kembali dari Pakistan

Program vaksinasi akan dimulai pada 7 Juni, bertepatan dengan peluncuran gerakan vaksinasi nasional dari pemerintah.

Sementara itu, provinsi-provinsi lain di Thailand juga membuat kampanye kreatif serupa untuk mendorong warganya mendaftar vaksinasi, seperti misalnya hadiah kalung emas, kupon potongan harga, atau uang tunai.

Setidaknya sudah 1,64 juta orang di Thailand mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin virus corona dari total 66 juta jiwa. Sejauh ini, sudah lebih dari 7 juta orang mendaftarkan diri untuk mendapatkan imunisasi tersebut.

Untuk diketahui, Thailand menghadapi wabah virus Corona terbesar, dengan 119.585 kasus dan 703 kematian dalam dua bulan terakhir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x