Kompas TV internasional kompas dunia

Kepala Staf Angkatan Darat Nigeria dan 10 Awak Lainnya Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 16:08 WIB
kepala-staf-angkatan-darat-nigeria-dan-10-awak-lainnya-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat
Kepala Staf Angkatan Darat Nigeria, Letnan Jenderal Ibrahim Attahiru, dan 10 perwira lain dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat di Bandara Internasional Kaduna, Nigeria, Jumat (21/5/2021). (Sumber: AFP/Audu Marte )
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Eddward S Kennedy

MAIDUGURI, KOMPAS.TV – Komandan Pasukan Angkatan Darat (AD) Nigeria, Letnan Jenderal Ibrahim Attahiru, dan sejumlah perwira militer lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat akibat cuaca buruk di Nigeria utara.

Melansir Al-Jazeera pada Sabtu (22/5/2021), kecelakaan itu terjadi pada Jumat (21/5/2021) saat pesawat yang ditumpangi Attahiru tengah mendarat di Bandara Internasional Kaduna. Tentara Nigeria menyatakan, kecelakaan terjadi karena cuaca buruk.

Selain Attahiru, kecelakaan pesawat itu juga menewaskan 10 penumpang lainnya, termasuk sejumlah perwira militer dan kru pesawat.

Brigadir Jenderal Mohammed Yerima mengatakan, rincian selanjutnya mengenai tragedi ini akan segera diumumkan. Nama-nama para perwira militer yang ikut gugur dalam kecelakaan itu juga tidak dipublikasikan.

Baca Juga: Kelompok Bersenjata di Nigeria Tembak Mati Tujuh Polisi dan Bakar Mobil Patroli

Attahiru baru saja ditunjuk oleh Presiden Muhammadu Buhari sebagai Kepala Staf AD Nigeria pada Januari lalu sebagai bagian dari perombakan komando militer di Nigeria.

Perombakan ini dilakukan agar militer Nigeria dapat memerangi pemberontakan dengan lebih baik, termasuk melawan pemberontakan yang dilancarkan oleh kelompok bersenjata Boko Haram selama lebih dari satu dekade terakhir.  

Buhari, mantan jenderal yang pertama kali terpilih sebagai presiden pada tahun 2015, berada dalam tekanan dari sekutu dan oposisi terkait penanganan pemerintahannya atas masalah keamanan dalam negeri yang terus meningkat.

Baca Juga: Pesawat Militer Nigeria Jatuh saat Menuju Landasan, Semua Penumpangnya Tewas

Dalam sebuah pernyataan, sang presiden menyatakan, kecelakaan tersebut merupakan “satu pukulan mematikan di perut kita, pada saat angkatan bersenjata kita bersiap untuk mengakhiri tantangan keamanan yang dihadapi oleh negara”.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x