Kompas TV regional berita daerah

Usai Alami Kecelakaan di Samudra Hindia, 19 ABK KM Bandar Nelayan 188 Tiba Dengan Selamat di Bali

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 14:44 WIB
usai-alami-kecelakaan-di-samudra-hindia-19-abk-km-bandar-nelayan-188-tiba-dengan-selamat-di-bali
Salah satu ABK KM Bandar Nelayan 188 melakukan sujud syukur saat tiba dengan selamat di Tanjung Benoa, Bali, Jumat (21/5/2021). (Sumber: Dok. Kemlu RI)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Deni Muliya

 

BALI, KOMPAS.TV - 19 ABK WNI KM Bandar Nelayan 188 tiba dengan selamat di tanah air pada Jum’at (21/5/2021).

Mereka dihantarkan Kapal Perang AL Australia HMAS ANZAC melalui Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali. 

Kedatangan HMAS ANZAC di perairan Indonesia disambut KRI Yos Sudarso dan selanjutnya dilakukan pemindahan ABK secara ship-to-ship ke KRI Escolar tanpa kendala.

Debarkasi para ABK dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan dilakukannya disinfektasi dan swab antigen kepada para ABK.

Setelah dinyatakan negatif Covid-19, para ABK akan menjalani karantina kesehatan selama 5 hari dan diwajibkan pula menjalani 2 kali PCR Test.

Baca juga: KM Bandar Nelayan 118 Kecelakaan di Samudra Hindia, Kemlu: Bawa 26 Awak Kapal Berpaspor Indonesia

Kepulangan ini melengkapi kepulangan 1 ABK lainnya yang sempat dirawat di Perth, Australia, dan telah dipulangkan malam sebelumnya melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

19 nelayan tersebut diserahterimakan dari Konsul Jenderal Australia di Bali kepada Direktur Perlindungan WNI dan BHI, Kemlu.

Turut hadir menyaksikan Atase Laut Kedubes Australia, Pejabat dari Kementerian/Lembaga terkait Pusat dan Bali, termasuk Danlantamal V, Danlanal Bali, KSOP Tanjung Benoa, Kakansar Bali, dan Kepala Kantor Kesehatan Denpasar.

Keberhasilan penyelamatan dan repatriasi ini merupakan buah dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia.

Apresiasi juga diberikan kepada pihak Jepang yang turut membantu upaya penyelamatan.

Baca juga: Kecelakaan di Samudra Hindia, Seluruh Awak KM Bandar Nelayan Ditemukan Selamat

Sebagaimana diketahui, KM Bandar Nelayan 188 berawak 20 WNI pada 13 Mei 2021 dilaporkan mengalami kebocoran dan kemudian tenggelam di Samudera Hindia sekitar 650 mil laut sebelah barat Perth, Australia atau 1.520 mil laut sebelah barat daya Benoa Bali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x