Kompas TV nasional kesehatan

Penyebab Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 12:10 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Penyakit jantung bawaan atau PJB, merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita pada bayi yang baru lahir. 

Penyakit jantung bawaan atau PJB, merupakan istilah dalam kedokteran, yang digunakan untuk menggambarkan berbagai macam penyakit jantung.

Penyakit jantung bawaan biasanya berkembang diawali pada saat kelahiran, dan banyak disebabkan oleh kelaianan struktur kadiovaskular.

Beberapa penyebab terjadinya kelaianan kardiovaskular sejak lahir, diantaranya adalah perubahan genetik, kelainan genetik atau kromosom, dan mengkonsumsi obat tertentu, selama masa kehamilan.

Dilansir dari laman Pusat Jantung Nasional,  penyakit jantung bawaan dialami sekitar 8 bayi dari 1000 kelahiran hidup. Dan 30% diantaranya telah memberikan gejala pada minggu pertama setelah kelahiran .

Pada masa kehamilan, umumnya kelainan pada jantung janin dapat diketahui melalui pemeriksaan suara detak jantung saat melakukan USG.

Walau banyak di derita pada anak anak, namun tidak semua penyakit jantung bawaan memerlukan perawatan, karena dari beberapa jenisnya, tidak memiliki efek jangka panjang.  

Bahkan beberapa penyakit jantung bawaan, dapat tetap aman tanpa perawatan, hingga beberapa diantaranya, dapat sembuh dengan sendirinya dengan bertambahnya usia anak.

Namun demikian, pada kasus penyakit jantung bawaan serius, diperlukan perhatian medis yang ketat, termasuk perawatan sejak dini.

Melansir dari Kompas.com, beberapa gejala penyakit jantung bawaan yang diderita pada bayi yang baru lahir, diantaranya bibir, kulit jari tangan dan kaki, berwarna kebiruan.

Bayi terlihat kesulitan bernapas, bayi mengalami kesulitan saat makan, berat badan yang rendah pada masa kelahiran, nyeri dada, dan pertumbuhan yang lambat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x