Kompas TV video internasional

Biden Janji Bangun Ulang Gaza Akibat Pertempuran Israel-Hamas

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 11:05 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden berjanji membantu membangun kembali kota Gaza yang hancur akibat serangan udara Israel imbas pertempuran udara antara Israel dan Kelompok Militan Hamas.

Menurut Biden menciptakan negara Palestina berdampingan dengan Israel adalah satu-satunya jawaban untuk konflik ini.

Namun, Biden tetap berkomitmen terhadap keamanan Israel.

Namun dia menekankan, "Tidak ada perubahan dalam komitmen saya, komitmen terhadap keamanan Israel," dikutip dari AFP.

Biden mencetuskan ide solusi dua negara bersama adalah negara Palestina berdaulat bersama Israel dan Yerusalem sebagai ibu kota mereka.

Usul itu menjadi landasan diplomasi internasional selama puluhan tahun yang bertujuan mengakhiri konflik Palestina Israel.

Israel dan Militan Hamas telah sepakat melakukan gencatan senjata dimulai pada 21 Mei 2021 pukul 02.00 waktu setempat setelah 11 hari saling serang dengan roket dan rudal.

Dilansir dari Associated Press, pertempuran ini menewaskan lebih dari 250 orang warga Palestina dan 12 orang dari pihak Israel.

Tercatat Hamas dan kelompok Militan Palestina lainnya menembakan lebih dari 4.000 roket ke Israel. Sedangkan, militer Israel mengatakan ratusan serangan udara telah diluncurkan dengan 1.600 target militer.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.