Kompas TV regional berita daerah

Buntut Insiden Kecelakaan Relawan BPK di Banjarmasin, Pembinaan Dilakukan Pada Para Pemadam

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 08:29 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Perwakilan dari ratusan unit barisan pemadam kebakaran swasta – BPK di Kota Banjarmasin pada kamis pagi (19/5/2021) mendapatkan pembinaan dan penyegaran terkait tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pemadam kebakaran.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman dalam menjalankan tugas yang mereka lakukan.

Baca Juga: Plh Sekdakot Banjarmasin Datangi Keluarga Korban Meninggal Tertabrak Pemadam Kebakaran

Sebab sebelumnya, pada minggu 16 mei lalu terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan relawan barisan pemadam kebakaran.

Tanpa mengesampingkan niat mulia untuk membantu mengatasi musibah kebakaran, para relawan diminta memperhatikan dan mematuhi aturan yang berkaitan dengan aktifitas yang dilakukan, termasuk dalam berlalu lintas.

Plh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Mukhyar berharap pembinaan mencegah terjadinya kecelakaan pemadam saat bertugas.

"Ini sosialisasi perda nomor 13 tahun 2008 juga tentang UU kelalulintasan, agar bisa menyamakan persepsi dengan kawan-kawan relawan, bahwa inilah yang harus dijaga, kami berharap ketika mereka memadamkan api, mereka bisa pulang dengan nyaman dan pengguna jalan lain pulang dengan nyaman tanpa ada musibah tambahan," ucap Mukhyar.

Sementara kegiatan pembinaan  seperti ini rencananya dilakukan berkelanjutan oleh Satpol PP dan Damkar Banjarmasin.

"Ini akan kita laksanakan secara berkelanjutan di setiap kecamatan dan tidak hanya sekali," kata Plt Kasatpol PP dan Damkar Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin. 

Baca Juga: Ikrar PSU Damai, Kedua Calon Gubernur Kalimantan Selatan Tidak Hadir

Di Kota Banjarmasin tercatat sekitar 277 unit Barisan Pemadam Kebakaran telah terdaftar. 

Keberadaan para relawan tersebut diakui sebagai  aset  yang sangat membantu dalam memadamkan kebakaran di suatu wilayah sehingga  sangat patut dihargai.

Dengan pembinaan yang dilakukan diharapkan tidak lagi terjadi insiden seperti kecelakaan lalu lintas yang melibatkan relawan pemadam kebakaran saat bertugas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x