Kompas TV nasional update

Komnas KIPI Ungkap Penyebab 30 Orang Meninggal Usai Divaksin

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 08:12 WIB

KOMPAS.TV - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi memastikan Komnas KIPI, dan Komite Daerah KIPI DKI Jakarta, telah melakukan audit bersama terkait meninggalnya 30 orang pasca-vaksinasi covid-19.

Hasilnya, belum ada cukup bukti untuk mengaitkan kasus itu sebagai efek vaksinasi.

Jubir Vaksinasi menyebut, berdasarkan audit Komnas KIPI dan Komda KIPI DKI, perlu ada investigasi lebih lanjut terhadap 30 kasus itu.

Pemerintah tetap meminta masyarakat tenang dan tidak terpengaruh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jubir vaksinasi covid-19 juga mengimbau masyarakat untuk segera divaksinasi sesuai jadwal. 

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Safari mengungkapkan, dari ratusan laporan KIPI, ada 30 kasus meninggal dunia setelah divaksinasi Covid-19.

Kendati demikian, Komnas KIPI mempertegas bahwa kejadian tersebut bukan akibat langsung dari vaksinasi.

"Yang meninggal dari (setelah divaksin) Sinovac ada 27. Dari 27 itu, 10 karena terinfeksi Covid-19, 14 orang karena penyakit jantung dan pembuluh darah," kata Hindra dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX yang disiarkan kanal YouTube DPR RI, Kamis (20/5/2021).

Kemudian, 1 orang karena gangguan fungsi ginjal secara mendadak dan 2 orang karena diabetes mellitus dan hipertensi tidak terkontrol



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.