Kompas TV internasional kompas dunia

Gedung Putih Gandeng Aplikasi Kencan Tinder untuk Dorong Program Vaksinasi Covid-19 di AS

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 00:14 WIB
gedung-putih-gandeng-aplikasi-kencan-tinder-untuk-dorong-program-vaksinasi-covid-19-di-as
Ilustrasi aplikasi kencan Tinder. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Gedung Putih menggandeng berbagai aplikasi kencan yang ada di Amerika Serikat seperti Tinder, OKCupid dan Hinge untuk mendorong program Vaksinasi Covid-19.

Berbagai aplikasi kencan ini akan meluncurkan fitur baru yang diharapkan bisa mendorong warga Amerika Serikat untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Kabar ini diumumkan Gedung Putih pada hari Jumat (21/5/2021) waktu setempat sebagai upaya tercapainya target vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden Joe Biden.

Biden menargetkan, setidaknya 70 persen orang dewasa di AS menerima satu kali suntikan vaksin sebelum 4 Juli.

Baca Juga: Pakar Sebut Vaksin Covid-19 Buatan Amerika Serikat Efektif Lawan Varian Asal India

Tinder, OKCupid dan Hinge serta aplikasi kencan lainnya mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan lencana kepada pengguna yang menunjukkan status vaksinasi mereka dan memberikan akses ke konten premium bagi mereka yang telah menerima suntikan vaksin.

Aplikasi-aplikasi kencan tersebut juga menerapkan filter sehingga orang dapat melihat siapa yang telah divaksinasi serta memberikan promosi khusus.

Selain itu, dilampirkan pula tautan ke vaccine.gov untuk membantu orang menemukan tempat untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

"Hinge akan mendorong pengguna untuk membagikan status vaksinasi mereka di profil dan memberikan 'Rose' gratis kepada pengguna yang divaksinasi, yang merupakan konten premium untuk menunjukkan kepada pengguna lain bahwa mereka sangat bersemangat untuk mengenal mereka," kata Gedung Putih dikutip dari NBC News.

Baca Juga: Amerika Serikat Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Untuk Anak Usia 12-15 Tahun

OkCupid juga mengatakan, akan memiliki sistem pencocokan baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari berdasarkan status vaksinasi.

"Orang yang divaksinasi juga akan menerima 'Boost' gratis untuk menampilkan rofil mereka ke depan pencari kencan lainnya," kata Gedung Putih tentang rencana aplikasi.

Selain ketiga aplikasi di atas, Bumble, Badoo, BLK, Chispa, Match dan Plenty of Fish juga akan ambil bagian dalam upaya mempromosikan vaksinasi ini.

Gedung Putih juga mencatat bahwa OkCupid telah menemukan data bahwa orang yang divaksinasi atau yang berencana untuk menerima vaksin, 14 persen lebih banyak mendapatkan kecocokan dengan orang lain dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Baca Juga: Jerman Tolak Proposal Amerika Serikat Untuk Lepas Sementara Hak Paten Vaksin Covid-19

Sejauh ini,menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) lebih dari 60 persen orang dewasa di AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, dan hanya di bawah 50 persen orang dewasa yang telah divaksinasi penuh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x