Kompas TV olahraga kompas sport

Lantaran Kisruh Politik, Kolombia Batal Jadi Tuan Rumah Copa America 2021

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 14:39 WIB
lantaran-kisruh-politik-kolombia-batal-jadi-tuan-rumah-copa-america-2021
Logo Copa America 2021 Argentina-Kolombia. (Sumber: https://news.cgtn.com/)
Penulis : Gilang Romadhan

LUQUE, KOMPAS.TV - Kolombia batal menjadi tuan rumah Copa America 2021 bersama Argentina, lantaran kisruh politik yang melandan negara tersebut. 

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh otoritas tertinggi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL pada Kamis (20/5/2021) waktu setempat. 

Awalnya, Kolombia bakal menjadi tuan rumah gelaran Copa America 2021 bersama Argentina.

Kolombia saat ini berada dalam minggu keempat protes kekerasan anti-pemerintah dan meningkatnya kekhawatiran akan keamanan, bersama dengan meningkatnya kekhawatiran atas penyebaran virus korona, telah memaksa pemerintah untuk bertindak.

Kota-kota Kolombia macam Cali, Medellin dan ibukota Bogota semuanya akan menjadi tuan rumah pertandingan, termasuk pertandingan di fase sistem gugur. Sementara kota Barranquilla awalnya dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah final.

Baca Juga: Libas Venezuela, Brasil Puncaki Klasemen Zona Conmebol Piala Dunia 2022

Kompetisi antar negara-negara Amerika Selatan ini dijadwalkan berlangsung dari 13 Juni hingga 10 Juli 2021. Tahun lalu, kompetisi sempat ditunda karena pandemi virus corona.

Kolombia meminta kepada CONMEBOL untuk menunda lagi salah satu kompetisi tertua di dunia ini, menjadwal ulang pada Novemer atau Desember. 

Namun, CONMEBOL menolak permintaan tersebut dengan mengeluarkan pernyataan resmi pada Kamis (20/5/2021) kemarin. 

"Sehubungan dengan permintaan resmi pemerintah Kolombia untuk menjadwal ulang CONMEBOL Copa America pada November, CONMEBOL dapat mengungkapkan hal-hal berikut," jelas CONMEBOL melalui situs resminya.

"Karena alasan terkait kalender kompetisi internasional dan logistik turnamen, maka Copa America 2021 tidak mungkin dimundurkan ke November."

Baca Juga: Daftar Lengkap Skuad Negara Peserta Euro 2020: Benzema Kembali ke Timnas Prancis!

"CONMEBOL berterima kasih atas antusiasme dan komitmen yang ditunjukkan oleh Presiden Republik Kolombia, Ivan Duque dan kolaboratornya, serta oleh presiden Federasi Sepak Bola Kolombia, Ramon Jesurun, dan timnya."

"Kami yakin di masa depan akan ada proyek-proyek baru yang akan muncul demi pertumbuhan sepakbola Kolombia dan Amerika Latin."

CONMEBOL juga bakal segera menentukan lokasi-lokasi pertandingan yang semulanya dimainkan di Kolombia dalam beberapa hari ke depan. 

"CONMEBOL dapat memastikan penyelenggaraan CONMEBOL Copa America 2021 dan akan mengungkapkan dalam beberapa hari mendatang relokasi semua pertandingan yang sedianya akan dimainkan di Kolombia."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x