Kompas TV nasional kesehatan

Penjelasan Komnas KIPI Soal Tiga Orang Meninggal Setelah Suntik Vaksin AstraZeneca

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 12:51 WIB
penjelasan-komnas-kipi-soal-tiga-orang-meninggal-setelah-suntik-vaksin-astrazeneca
Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI), Hindra Irawan Safari (Sumber: tangkapan layar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak tiga orang yang dilaporkan meninggal setelah disuntik vaksin Covid-19 AstraZeneca, menurut Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) bukan diakibatkan vaksin secara langsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komnas KIPI, Hindra Irawan Safari, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR yang disiarkan kanal YouTube DPR RI, Kamis (20/5/2021).

Pertama, Trio (22) asal Jakarta didiagnosa alami death on arrivial. Kedua, lansia (60) asal Jakarta didiagnosa karena radang paru-paru, sedangkan warga Ambon (45) didiagnosa meninggal karena Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Hindra menjelaskan tiga orang yang dilaporkan meninggal dunia usai vaksin karena diagnosa penyakit lain.

Baca Juga: Keluarga Minta Autopsi Jenazah Trio Dipercepat, Begini Jawaban Komnas KIPI

Trio (22) asal Jakarta didiagnosa alami death on arrivial.

Hindra menjelaskan, sebelumnya Trio merasakan efek samping vaksinansi berupa pusing hingga demam. Namun, Trio menolak dibawah ke rumah sakit. Lalu, keesokan harinya kondisi semakin lemah dan meninggal dunia di klinik. Menurut dokter yang memeriksa, diagnosis Trio yakni death on arrivial.

"Jadi sulit untuk menentukan penyebab kematiannya, karena enggak ada data, enggak pernah periksa sama dokter, datang sudah meninggal," kata Hindra, Kamis (20/5/2021).

Selain itu, menurut Hindra, meninggalnya Trio seusai vaksin sulit dikaitkan dengan imunisasi karena enggak ada hasil lab, rontgen, dan CT-scan kepala.

Baca Juga: BPOM Bersama KIPI Lakukan Investigasi Keamanan dan Mutu Vaksin Covid AstraZeneca Batch CTMAV547



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x