Kompas TV nasional politik

Kemkominfo Telusuri Dugaan Kebocoran 279 Juta Data Penduduk Indonesia di Forum Online

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 00:31 WIB
kemkominfo-telusuri-dugaan-kebocoran-279-juta-data-penduduk-indonesia-di-forum-online
Tangkapan layar data yang diklaim milik 279 juta penduduk Indonesia yang dijual seorang anggota forum dengan akun Kotz. (Sumber: Twitter/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo langsung melakukan penelusuran terkait dugaan kebocoran 279 juta data pribadi penduduk Indonesia yang bocor dan dijual di forum online bernama Raid Forums.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menjelaskan tim masih bekerja dan sejauh ini belum dapat disimpulkan adanya kebocoran data pribadi dalam jumlah yang masif seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Menurut Dedy penelusuran dan penyelidikan terus dilakukan secara mendalam dan perkembangan hasil penyelidikan akan disampaikan.

Baca Juga: Sebanyak 279 Juta Data Penduduk Indonesia Dijual Online, Termasuk Info Gaji dan Nomor Telepon

Kementerian Kominfo juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan beberapa tahap pemeriksaan secara hati-hati terhadap data yang beredar,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).

Kementerian Kominfo meminta agar seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi untuk semakin meningkatkan upaya dalam menjaga keamanan data pribadi yang dikelola, dengan menaati ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku, serta memastikan keamanan sistem elektronik yang dioperasikan.

Dedy menambahkan kementerian Kominfo meminta agar seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi, untuk semakin meningkatkan upaya dalam menjaga keamanan data pribadi yang dikelola.

Baca Juga: Hacker Indonesia Palsukan Situs Bantuan Covid-19 AS, Ratusan Juta Dollar Masuk Rekening Pelaku

Seperti menaati ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku serta memastikan keamanan sistem elektronik yang dioperasikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x