Kompas TV regional sosial

Hormati Harkitnas, Calon Pengantin Ini Kumandangkan "Indonesia Raya" Sebelum Akad Nikah

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 05:00 WIB
hormati-harkitnas-calon-pengantin-ini-kumandangkan-indonesia-raya-sebelum-akad-nikah
Sepasang calon pengantin,  Muji Rahayu dan Fajar Utomo,   menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" sebelum ijan kabul. (Sumber: dirjen bimasislam)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sepasang calon pengantin,  Muji Rahayu dan Fajar Utomo,  berdiri tegak menghadap penghulu sebelum ijab kabul dilaksanakan. Mereka bersama-sama  menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Pasangan calon pengantin itu melaksanakan akan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Baturraden, Kabupaten Banyumas, tepat dengan hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2021.

Lagu kebangsaan mereka nyanyikan dengan mengenakan pakaian pengantin berwarna putih lengkap dengan hiasannya. Sementara penghulu mengenakan jas dan berpeci.  

Baca Juga: Indonesia Raya Berkumandang Serentak di Yogyakarta pada Harkitnas, Ini Kata Mahfud MD


"Kami menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum akad nikah pasangan Muji Rahayu dan Fajar Utomo. Kita ingin memupuk rasa kebangsaan pada setiap individu agar tumbuh rasa cinta tanah air dan mengenang perjuangan pahlawan bangsa," ungkap Kepala KUA Baturraden Muson, seperti dilansir laman bismasislam, Kamis (20/5/21).

Muson menambahkan, hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta'in Ahmad agar secara serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya pada Kamis (20/5/21) pukul 10.00 WIB guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

Tak ada keberatan dari pasangan yang menikah itu, bahkan mereka merasa bangga. Selain unik dan bukti cinta tanah air, nama mempelai pria memiliki kesamaan dengan nama salah satu pahlawan nasional Budi Utomo.

Baca Juga: Mantap! Pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta Kompak Berdiri saat Lagu Indonesia Raya Diputar

"Mereka merasa bangga karena momen pernikahannya bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Secara kebetulan, nama mempelai pria memiliki kesamaan dengan nama tokoh Harkitnas yaitu Budi Utomo," tambah Muson.

Selain kedua mempelai dan keluarganya, prosesi kegiatan ini dihadiri juga oleh Penyuluh Agama Islam (PAI) Kecamatan Baturraden.

"Semoga bisa mempererat silaturahmi dan membangkitkan semangat membangun Indonesia tercinta," ungkap PAI Baturraden, Alfiatun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x