Kompas TV advertorial

5.000 Paket Sembako dan Masker Hasil Lelang Buku Kemenhub Kembali Disalurkan

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 16:06 WIB
5-000-paket-sembako-dan-masker-hasil-lelang-buku-kemenhub-kembali-disalurkan
Penyaluran donasi paket sembako dan masker dari hasil pelelangan buku Membangun Transportasi Merajut Negeri di Bandara Internasional Jawa Barat. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kompas TV bersama Laziz MU kembali salurkan bantuan berupa masker dan sembako untuk para pekerja di Bandara Udara Internasional Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).

Bantuan ini merupakan program lanjutan dari hasil pelelangan buku “Membangun Transportasi Merajut Negeri” yang diinisiasi Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub).

Bandara Udara Internasional Jawa Barat dipilih menjadi salah satu penyaluran di wilayah Jawa Barat.

Di samping itu, masih ada 5.000 paket sembako beserta masker lainnya yang sedang dalam proses penyaluran secara bertahap di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca Juga: 2 Juta Masker untuk Insan Transportasi

Acara pendistribusian dihadiri Direktur Utama PT BJIB (Bandara Internasional Jawa Barat) Salahudin Rafi, perwakilan PT Angkasa Pura II Yudha Nugraha, Manager of Airport Engineering Nuril Huda, Manager of Airport Operation Service, serta Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan anggota Laziz MU Novan Hardiyanto.

Urgensi penyaluran masker di sektor transportasi

Meski proses vaksinasi telah berjalan, pandemi Covid-19 belum dapat dikatakan selesai sehingga masyarakat masih harus menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan tak kalah penting menggunakan masker medis.

Paparan virus diketahui dapat dicegah melalui penggunaan masker medis. Hal ini yang menjadi urgensi pengadaan masker medis untuk pekerja yang berada di garda terdepan lajur arus transportasi.

Staf Khusus Bidang Managemen SDM dan Kehumasan Kemenhub, Adita Irawati menjelaskan kebutuhan tersebut dalam kick off pembagian 2 juta masker di Kantor Kementrian Perhubungan Menteng, Jakarta Pusat, 8 April lalu.

“Bantuan ini spesifik untuk para pekerja transportasi, jadi yang ada di garda terdepan seperti porter, petugas kebersihan, petugas keamanan dan mereka yang bertugas sangat dekat dengan penumpang masyarakat pada umumnya memiliki potensi terpapar cukup tinggi,” kata Adita.

Baca Juga: Tahap Awal, Kemenhub Salurkan 500 Donasi Sembako dan Masker bagi Pekerja Transportasi

Penerima manfaat merupakan pekerja harian sektor terutama yang berkaitan langsung dengan Dinas Perhubungan, di antaranya porter, security, supir angkutan umum (bajaj, angkot, bus, ojek), penjaga perlintasan kereta api, petugas kebersihan, tukang parkir, tukang becak, pedagang kaki lima, dan petugas penunjang di sekitar.

Adapun titik penyebaran bantuan ini di kawasan terminal dan stasiun yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tak hanya masker, ribuan paket sembako turut dibagikan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka yang terdampak pandemi.

Paket sembako ini diharapkan dapat meringankan beban para pekerja di tengah situasi sulit seperti sekarang ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.