Kompas TV video sinau

Sejarah 21 Mei 1998: Detik-detik Presiden Soeharto Mundur Setelah Berkuasa 32 Tahun

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 15:41 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - 21 Mei 1998 tercatat sebagai salah satu hari penuh sejarah untuk Indonesia. Di hari ini 23 tahun yang lalu, Presiden Soeharto menyatakan mundur setelah mendapat desakan dari berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa.

Melalui pidato singkat, ia mengatakan, "Saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden RI, terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari ini, Kamis 21 Mei 1998."

Soeharto menyatakan mengundurkan diri setelah sebelumnya gelombang unjuk rasa besar dan kerusuhan terjadi di berbagai titik di Indonesia. Situasi politik dan keamanan Indonesia bergejolak hingga menimbulkan krisis ekonomi.

Berdasarkan arsip pemberitaan Kompas 27 Mei 1998, mundurnya Soeharto diawali dari keterangan pers Ketua DPR/MPR Harmoko pada 18 Mei 1998.

Saat ribuan mahasiswa menguasai gedung DPR/MPR, Harmoko dengan tegas menyatakan bahwa pimpinan DPR, baik Ketua maupun para Wakil Ketua, mengharapkan Soeharto mundur secara arif dan bijaksana.

Meski sempat menolak untuk mundur, Presiden Soeharto akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya pada 21 Mei 1998, dan langsung digantikan oleh wakilnya saat itu, BJ Habibie.

Video editor: Agung

Baca Juga: Sejarah 19 Mei 1998: Mahasiswa Menduduki Gedung DPR/MPR Tuntut Soeharto Mundur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x