Kompas TV regional sosial

Indonesia Raya Berkumandang Serentak di Yogyakarta pada Harkitnas, Ini Kata Mahfud MD

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 16:18 WIB
indonesia-raya-berkumandang-serentak-di-yogyakarta-pada-harkitnas-ini-kata-mahfud-md
Tangkapan layar video yang menampilkan pedagang Pasar Beringharjo kompak berdiri saat lagu Indonesia Raya diputar di pasar tersebut, Kamis (20/5/2021) pagi. (Sumber: akun Instagram @merapi_uncover)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Gerakan Indonesia Raya Bergema resmi dicanangkan Gubernur DIY Sultan HB X pada Kamis (20/5/2021) di Kompleks Kepatihan Pemda DIY. Seremoni pencanangan digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) mulai pukul 08.45 sampai 10.30 WIB.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi oleh Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta dari Bangsal Mandalasana, Keraton Yogyakarta. Pada waktu yang sama, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya juga dinyanyikan serentak di seluruh kantor organisasi perangkat daerah DIY dan kabupaten kota serta sejumlah tempat lainnya.

Pencanangan gerakan Indonesia Raya Bergema disiarkan secara live streaming dari tujuh lokasi yakni Gedong Pracimosono Kepatihan, Ruang Wisangeni Kepatihan, Keraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, SMA Negeri 1 Pakem, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta serta pasar Beringharjo melalui kanal media Humas Jogja. 

Baca Juga: Harkitnas, Ganjar Ajak Masyarakat Nyanyikan Lagu "Indonesia Raya" Tepat Pukul 10 Nanti

Di Keraton Yogyakarta hadir penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhomardowo KPH Notonegoro, sedangkan di Kadipaten Pakualaman dihadiri BPH Kusuma Bimantara.

Di ruang Wisanggeni Kepatihan berhimpun lima komponen organisasi wanita se-DIY yakni Tim Penggerak PKK, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita dan Badan Kerjasama Organisasi Wanita yang dipimpin Gusti Kanjeng Raden Ayu Adipati Pakualam.

Sementara dari pasar Beringharjo hadir Wali Kota Yogyakarta Hariadi Suyuti didampingi berbagai komponen paguyuban pedagang pasar dan untuk keterwakilan lembaga pendidikan diikuti pelajar SMA Negeri 1 Pakem Muhammad Anas dan Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta Yoyong Arfiadi.

Dukungan juga datang dari Menkopolhukam Mahfud MD. Ia sangat mendukung gerakan Indonesia Raya Bergema yang dicanangkan Sultan HB X bertepatan dengan momentum Harkitnas. 

Baca Juga: Gubernur DIY akan Gelar Seremonial Gerakan Indonesia Raya Bergema pada Kamis, 20 Mei 2021

"Semoga semangat bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, kembali memasuki jiwa rakyat seluruh Indonesia, seperti pada masa perjuangan. Dari Jogja istimewa untuk Indonesia Raya," ujarnya.

Gerakan Indonesia Raya Bergema merupakan ajakan untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya secara kontinu di ruang publik sebagai kampanye berkelanjutan untuk mengobarkan nasionalisme rakyat Indonesia dilandasi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Pelaksanaannya telah diatur melalui Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 29/SE/V/2021 tanggal 18 Mei 2021. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x