Kompas TV internasional kompas dunia

Hamas: Gencatan Senjata Akan Terjadi Dalam Satu atau Dua Hari Mendatang

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 15:01 WIB
hamas-gencatan-senjata-akan-terjadi-dalam-satu-atau-dua-hari-mendatang
Satu unit artileri Israel menembakkan peluru ke arah sasaran di Jalur Gaza, di perbatasan antara Palestina dan Israel, Rabu, 19 Mei 2021. (Sumber: AP Photo / Tsafrir Abayov)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

GAZA, KOMPAS.TV - Pejabat senior Hamas mengatakan  bahwa gencatan senjata antara Israel dan Hamas diharapkan akan tercapai dalam satu atau dua hari mendatang.

"Saya pikir upaya yang sedang berlangsung terkait gencatan senjata akan berhasil," kata pejabat politik Hamas, Moussa Abu Marzouk, kepada TV al-Mayadeen Lebanon, Kamis (20/5/2021).

"Saya berharap gencatan senjata dicapai dalam satu atau dua hari, dan gencatan senjata akan berdasarkan kesepakatan bersama," tambahnya.

Komentar itu muncul ketika tekanan internasional meningkat pada Israel dan Palestina, untuk segera mengakhiri pertikaian.

Baca Juga: Ledakan Besar Guncang Gaza Imbas Serangan Rudal Israel

Namun demikian, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya mengatakan bahwa dia bertekad untuk melanjutkan serangan, sampai ketenangan dan keamanan bagi warga Israel pulih kembali. Hal ini diungkapkannya pada Rabu (19/5/2021).

Pernyataan itu pun segera dibuktikan sehari kemudian. Seperti dikutip dari BBC, pada hari ini ada lebih dari 100 serangan udara Israel dilancarkan terhadap infrastruktur Hamas di Gaza.

Militan Palestina pun membalas serangan tersebut dengan tembakan roket ke sasaran di Israel.

Sedikitnya sebanyak 227 orang, termasuk lebih dari 100 wanita dan anak-anak, telah tewas di Gaza sejauh ini. Israel mengatakan setidaknya sekitar 150 militan telah tewas di Gaza. Di sisi sebaliknya, Hamas tidak memberikan angka korban jiwa.

Dari pihak Israel, 12 orang telah tewas termasuk dua anak-anak. Israel mengatakan sekitar 4.000 roket telah ditembakkan ke wilayahnya oleh militan di Gaza.

Baca Juga: Potret Lab Covid-19 Satu-Satunya di Gaza Hancur Diserang Israel

Sementara itu pada hari Rabu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali melakukan hubungan telepon dengan PM Netanyahu. Hubungan melalui telepon ini merupakan keempat kalinya sejak konflik antara Israel dan Palestina kembali memanas.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Biden menyampaikan kepada Netanyahu bahwa dia mengharapkan penurunan serangan yang signifikan hari ini, dalam perjalanan menuju gencatan senjata.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.