Kompas TV nasional indonesia update

Peningkatan Kualitas di Jalan Pansela Dikebut Guna Hidupkan Potensi Pesisir Selatan Jawa

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 09:44 WIB
peningkatan-kualitas-di-jalan-pansela-dikebut-guna-hidupkan-potensi-pesisir-selatan-jawa
Pekerjaan peningkatan kamantapan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.604 kilometer yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur, terus dikebut. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah kini tengah mengebut pekerjaan peningkatan kualitas Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang memiliki panjang 1.604 kilometer.

Membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur, proses peningktaan kualitas layanan di jalan tersebut saat ini telah mencapai 99,6 kilometer ruas jalan, yang terbagi ke dalam sembilan seksi. 

Seksi 1 dan 2 di wilayah Jawa Tengah sepanjang 10,65 kilometer, Seksi 3, 4, dan 5 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang 17,32 kilometer, dan Seksi 6, 7, 8, dan 9 di wilayah Jawa Timur sepanjang 71,69 kilometer.

Baca Juga: Untuk Rumah Subsidi yang Berkualitas, Kementerian PUPR Siapkan Pelatihan 3.000 Tenaga Kerja

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR, Achmad Subki menyebutkan empat seksi jalur Pansela di Jawa Timur tersebar di berbagai daerah.

Seksi 6 sepanjang 17,78 kilometer berada di Ruas Prigi–Batas Kabupaten Tulungagung-Kretek-Brumbun, dan Seksi 7 sepanjang 12,85 kilometer berada di ruas Batas Kabupaten Tulungagung-Serang-Batas Malang.

Sementara untuk Seksi 8 Ruas Jarit-Puger 23,18 kilometer dan Seksi 9 Ruas Simpang Balekambang-Kedungsalam 17,87 kilometer.

Baca Juga: Kemenhub Susun Peta Jalan untuk Percepat Penerapan Kendaraan Listrik di Indonesia

Achmad menambahkan, hingga pekan kedua Mei 2021, progres konstruksi di Seksi 6 sudah mencapai 31,63 persen.

"Meskipun di kontrak paket pekerjaan tersebut dijadwalkan selesai pada April 2023, namun pihaknya tengah bekerja keras agar dapat rampung pada akhir Desember 2022," ujar Achmad.

Sebagai daerah perbuktan dengan topografi yang luar biasa, Seksi 6 sendiri akan menjadi penghubung dua objek wisata yang cukup terkenal yakni Pantai Gemah dan Pantai Prigi.

Baca Juga: Maruf Amin: Pembangunan di Papua Gunakan Pendekatan Kesejahteraan, Bukan Keamanan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x