Kompas TV regional peristiwa

Harkitnas, Ganjar Ajak Masyarakat Nyanyikan Lagu "Indonesia Raya" Tepat Pukul 10 Nanti

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 07:38 WIB
harkitnas-ganjar-ajak-masyarakat-nyanyikan-lagu-indonesia-raya-tepat-pukul-10-nanti
Penghormatan Ganjar Pranowo kepada KRI Nanggala 402 (Sumber: Twitter: @ganjarpranowo)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAWA TENGAH, KOMPAS.TV- Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh masyarakat Jawa Tengah mengambil sikap sempurna dan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pukul 10.00 WIB hari ini, Kamis (20/5/2021).

Ajakan Ganjar tersebut terinspirasi dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mengajak seluruh warga menyanyikan lagu Indonesia Raya pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei.

“Terus terang, saya sangat terinspirasi dan mendukung seratus persen gagasan ini dan insyaallah juga akan kita lakukan di Jawa Tengah. Pada pukul 10 pagi besok di Hari Kebangkitan Nasional, ayo kita bersama-sama mengumandangkan lagu kebangsaan kita,” kata Ganjar melalui kanal YouTube pribadinya, Kamis(20/5/2021).

Baca Juga: Jateng Alami Tren Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar: Kebanyakan dari Klaster Keluarga

Semua elemen masyarakat, baik yang di perkantoran, di pasar, di rumah maupun yang ada di sekolah diminta untuk menyanyikan lagu "Indonesia Raya" secara serentak.

Tak sekadar bernyanyi, kata Ganjar, namun juga benar-benar menghayati setiap kata, setiap baris dari syair termahal di negeri ini.

“Ini adalah momen yang sangat tepat untuk kita memompa lagi spirit kenegaraan kita, terutama, karena besok adalah hari Kebangkitan Nasional,” lanjutnya.

Dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" secara khidmat pada esok hari, lanjut Ganjar, hal itu merupakan wujud untuk meneladani dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa.

Sebab, mereka telah gagah berani menyuarakan berdirinya sebuah negara, ketika mayoritas orang di negeri ini belum tahu dan belum mengerti apa itu negara.

“Spirit nasionalisme dan kesatuan tekad itulah, sebuah national staat bernama Indonesia akhirnya bisa berdiri,” kata Ganjar tegas.

Baca Juga: Tes Wawasan Kebangsaan Apakah Keputusan Kolektif Dari Pimpinan KPK? - SATU MEJA

Selain Hari Kebangkitan Nasional, di hari-hari selanjutnya, Ganjar juga mengajak seluruh masyarakat tetap melakukan hal yang sama. Setiap mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang, semuanya diminta sejenak menghentikan aktivitas dan langsung mengambil sikap sempurna.

Dengan begitu, harapa Ganjar, spirit nasionalisme semakin tumbuh dalam dada masyarakat. Akhirnya, bisa memperkuat kesadaran setiap warga pada persatuan kesatuan bangsa.

“Selain itu juga penting untuk menyadari arti pentingnya berbhinneka dan saling menghormati perbedaan di antara kita. Semoga laku ini menambah kewarasan kita dan kewarasan negara kita,” tutup Ganjar.

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Silaturahmi Lewat Open House Virtual



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x