Kompas TV internasional kompas dunia

Daftar 100 Kota di Seluruh Dunia yang Menggelar Protes atas Serangan Israel pada Palestina

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 04:35 WIB
daftar-100-kota-di-seluruh-dunia-yang-menggelar-protes-atas-serangan-israel-pada-palestina
Aksi Bella Hadid saat turun demo memprotes serangan Israel terhadap Palestina di jalanan kota New York (Sumber: Instagram)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina baru-baru ini mengundang kecaman dari berbagai pihak. Masyarakat dari berbagai kota di belahan dunia pun turun ke jalan untuk bersolidaritas pada rakyat Palestina.

Meaki begitu, Israel terus melakukan serangan udara ke Jalur Gaza Palestina. Hingga 19 Mei 2021, serangan Israel telah menewaskan 227 warga sipil Palestina, termasuk 64 anak. Kemudian, 1600 orang luka-luka.

Sedangkan dari pihak Israel, warganya yang dinyatakan meninggal karena serangan Hamas berjumlah 12 orang, termasuk 2 anak-anak. Setidaknya 300 warga Israel luka-luka.

Baca Juga: Pengamat Hubungan Internasional Ungkap Deretan Fakta dan Latar Belakang Konflik Israel-Palestina

Ketegangan di Jalur Gaza meningkat usai aparat Israel melakukan kekerasan pada jemaah Masjid Al-Aqsa dan penggusuran warga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Penggusuran warga Yerusalem Timur adalah usaha Israel untuk mengukuhkan Yerusalem sebagai ibu kota mereka. Hal ini berjalan sejak pendudukan pertama pada 1967.

Pada 1980, Israel menerbitkan Hukum Yerusalem yang berisi klaim Yerusalem secara utuh dan tak terbagi adalah ibu kota Israel.

Hal ini melanggar hukum internasional di mana Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN) menilai Yerusalem sebagai kota suci untuk tiga agama, Islam, Kristen, dan Yahudi.

Melansir AlJazeera, puluhan ribu orang melakukan demonstrasi menuntut penghentian serangan udara Israel ke Jalur Gaza. 

Berbagai elemen masyarakat melakukan protes di berbagai kota, mulai dari Sao Paulo, Argentina hingga Cape Town, Afrika Selatan.

Baca Juga: Palestina Dapat Dukungan dari 163 Negara, Sedangkan 15 Lainnya Tak Mau Mengakui Kedaulatannya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x