Kompas TV internasional kompas dunia

Museum Louvre di Paris Kembali Dibuka Setelah Tutup Selama Enam Bulan

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 16:35 WIB
museum-louvre-di-paris-kembali-dibuka-setelah-tutup-selama-enam-bulan
Pengunjung berdatangan ke Museum Louvre yang dibuka kembali pada Rabu (19/5/2021), setelah sebelumnya tutup selama enam bulan karena pandemi Covid-19. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

PARIS, KOMPAS.TV - Turis dan warga Paris mengantri untuk menjadi orang pertama yang masuk ke dalam Museum Louvre, yang dibuka kembali setelah tutup selama enam bulan. Pada hari Rabu (19/5/2021) pukul 9 pagi, salah satu museum paling terkenal sejagad ini membuka kembali pintunya bagi pengunjung.

Museum, kafe, dan teras restoran dibuka kembali setelah penutupan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tutupnya Museum Louvre membuat Paris seperti kehilangan esensi kehidupan.

Baca Juga: Menteri Urusan Kewarganegaraan Prancis: Korban Utama Islam Radikal adalah Umat Islam Sendiri

Namun kini, pemerintah Prancis mulai mencabut pembatasan sosial secara bertahap untuk mencegah kebangkitan virus Covid-19.

Musée du Louvre (Sumber: Dok Pribadi/Dini Kurniasari)

Museum, teater, dan bioskop dibuka kembali bersamaan dengan area luar ruangan, tempat makan dan minum di sekitar museum, yang telah ditutup sejak akhir Oktober.

"(Pembukaan museum) ini sangat berarti. Itu artinya Covid-19 mulai berakhir, ketika mereka telah membuka semua museum dan semua tempat umum. Itu bagus untuk kami. Kami merasakan lebih banyak kebebasan. Ini bagus. Saya senang," ujar Wahin Hneini, seorang turis asal Lebanon, seperti dikutip dari The Associated Press.

Tak hanya bagi turis, pembukaan kembali Museum Louvre disambut baik oleh warga Paris.

"Mungkin saya tidak terlalu merindukannya, tapi kami senang (museum) ini dibuka kembali. Ini adalah panggung, perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Kami memiliki kemungkinan untuk kembali dan melihat karya seni yang sudah lama tidak kami lihat," ujar Benoit Puez, yang merupakan warga Paris.

Seorang warga Paris yang lain, Carole, tak mau ketinggalan untuk mengunjungi Museum Louvre yang kembali dibuka.

Baca Juga: Suami Model Asal Prancis Ternyata Keturunan Ulama Terkemuka di Aceh

"Saya datang jam 9 pagi karena saya pikir akan ada sedikit orang, tetapi ternyata ada cukup banyak orang disini. Saya pikir ketika tempat umum kembali dibuka, yang pertama saya kunjungi adalah Louvre. Atau bisa jadi saya juga akan mengunjungi Georges Pompidou Center atau Museum Seni Modern Paris, karena disana ada beberapa koleksi permanen yang sangat bagus," ujar Carole.

Namun demikian, meskipun telah dibuka kembali, Museum Louvre tetap harus menjaga protokol kesehatan. Salah satu di antaranya adalah dengan menjaga jarak antar pengunjung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.