Kompas TV internasional kompas dunia

Seminggu Terakhir, Kasus Covid-19 di India Terpantau Menurun

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 15:44 WIB
seminggu-terakhir-kasus-covid-19-di-india-terpantau-menurun
Pasien COVID-19 terlihat menggunakan bantuan oksigen di Indirapuram, India, pada 7 Mei 2021. Badan Obat-Obatan Eropa EMA menyatakan vaksin Covid-19 berbasis mRNA cukup melindungi terhadap varian Covid-19 India (Sumber: (Xinhua/Partha Sarkar))
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Deni Muliya

MUMBAI, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 di India yang meningkat pesat masih menjadi sorotan dunia internasional hingga saat ini. 

Terkait kondisi di India, Konsul Jenderal RI untuk Mumbai, India, Agus Prihatin Saptono, memaparkan update terkini keadaan di India. 

Agus mengatakan, per 18 Mei 2021, kondisi Covid-19 di India sudah mengalami penurunan yang cukup baik. 

"Kondisinya saat ini, per 18 Mei 2021, sudah terjadi penurunan yang cukup bagus," kata Agus pada Webinar BNPB secara daring, Rabu (19/5/2021).  

Gelombang kedua Covid-19 di India yang terjadi sejak Maret 2021 dipicu semenjak terjadinya relaksasi dan kelonggaran yang memicu terjadinya pengumpulan massa. 

Sebelumnya, India cukup berhasil mengendalikan Covid-19 sejak Maret 2020 sampai akhir Desember 2020 yang disebut sebagai gelombang pertama.

"Setelah kurva terlihat melandai, mulai ada pemulihan ekonomi nasional, kemudian ada kelonggaran secara bertahap. Kerumunan terjadi, banyak aktivitas masyakarat yang rentan pengumpulan massa," jelas Agus. 

Baca Juga: Pakar WHO: Kasus Covid-19 India Hanya Ilusi, Aslinya Jauh Lebih Besar!

Perbedaan jumlah kasus Covid-19 di India pada gelombang pertama dan kedua cukup signifikan. 

Puncak kasus Covid-19 gelombang pertama terjadi pada 6 September 2020 dengan kasus harian mencapai 95.750 kasus perhari. 

"Ada peningkatan drastis pada gelombang kedua yang puncaknya 22 April 2021, yakni kasus harian 412.231 per hari secara nasional," kata Agus. 

Berdasarkan paparan Agus, dalam seminggu terakhir, kasus Covid-19 di seluruh India terpantau menurun.

Kurva pun sudah terpantau semakin melandai. 

Angka kesembuhan pun cukup tinggi.

Pada 11 Mei 2021 sendiri ada sekitar 422.000 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

Agus mengatakan, penanganan kasus Covid-19 di setiap negara bagian di India berbeda-beda. 

"Setiap negara bagian berbeda penanganannya. Awalnya, saat Maret ada peningkatan, pemerintah pusat belum mau melakukan lockdown nasional, ini kaitannya dengan ekonomi. Lockdown dilakukan oleh negara bagian, ada pembatasan dan lockdown diberlakukaan saat akhir pekan saja," terang Agus. 

Baca Juga: Inggris Temukan Lebih dari 2.300 Kasus Covid-19 Varian India di 86 Wilayahnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.