Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dorong 10.000 Eksportir Surakarta, Shopee dan Gibran Rakabuming Resmikan "Kampus UMKM Shopee Ekspor"

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 15:30 WIB
dorong-10-000-eksportir-surakarta-shopee-dan-gibran-rakabuming-resmikan-kampus-umkm-shopee-ekspor
Direkur Shopee Indonesia Handhika Jahja dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming dalam peresmian Kampus UMKM Shopee Ekspor Surakarta, Selasa (18/5/2021). (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Perusahaan e-commerce Shopee Indonesia dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meresmikan "Kampus UMKM Shopee Ekspor” Surakarta, Selasa (18/5/2021).

Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan lanjutan dari kolaborasi strategis Shopee dan Wali Kota Solo untuk mempersiapkan UMKM Surakarta "Go Ekspor".

Kampus tiga lantai yang berlokasi di wilayah Banjarsari, Surakarta, itu menandai komitmen jangka panjang Shopee untuk mewujudkan 10.000 eksportir asal Surakarta pada akhir 2021 melalui layanan dan fasilitas yang komprehensif.

Dalam kunjungannya ke Kampus UMKM Shopee Ekspor, Gibran menyampaikan apresiasinya kepada Shopee Indonesia.

“Kami menyambut baik pembukaan Kampus UMKM Surakarta Ekspor yang diinisiasi Shopee sebagai langkah lanjutan untuk merangkul lebih banyak lagi pelaku bisnis asal Surakarta untuk bisa unjuk gigi ke pasar global ke depannya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Shopee Handhika Jahja menyebutkan, peresmian Kampus UMKM Shopee Ekspor bertujuan untuk menjadikan Surakarta sebagai blueprint dalam memajukan UMKM di kancah internasional.

“Diresmikannya Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan awalan kami dalam menjadikan Kota Surakarta sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan ekspor UMKM pertama,” kata Handhika.

Baca Juga: Kerja Sama Shopee dan Pemkot Dukung UMKM Solo Go Ekspor

Untuk diketahui, saat ini tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee dengan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Keberhasilan program ekspor juga terekam dengan peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 - Januari 2021).

Pada bulan Februari 2021, sebanyak 1,5 juta produk pedagang lokal berhasil diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Program Ekspor Shopee ini akan terus dikembangkan dengan menambahkan jangkauan ekspor baru yang tidak hanya berpusat di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam, tetapi juga telah merambah ke wilayah Amerika Selatan, yaitu Brazil.

Dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan UMKM, Shopee Indonesia juga telah berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor untuk dapat mewujudkan tercetaknya 500.000 eksportir baru hingga tahun 2030.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x