Kompas TV regional update corona

Kepala Pusat Studi Pariwisata UGM: Membuka Tempat Wisata di Masa Pandemi adalah Kebijakan Spekulatif

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 15:19 WIB
kepala-pusat-studi-pariwisata-ugm-membuka-tempat-wisata-di-masa-pandemi-adalah-kebijakan-spekulatif
Tempat wisata rekreasi Ancol resmi dibuka (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Eddward S Kennedy

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Penutupan tempat wisata selama pandemi Covid-19 membuat Kepala Pusat Studi Pariwisata (Puspar) UGM, Janiaton Damanik, angkat bicara. Ia sepakat jika tempat wisata ditutup selama masa pandemi Covid-19.

Menurut Janiaton, kesehatan masyarakat lebih penting ketimbang membuka tempat wisata. Sebab, pembukaan tempat wisata berpotensi melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

“Penutupan tempat wisata bukan sesuatu yang aneh, jangan dibenturkan dengan persoalan ekonomi, kalau belum bisa menjamin kesehatan justru jadi bumerang,” ujarnya, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Tempat Wisata Dibuka Saat Liburan, Ini Penjelasan Sandiaga Uno

Terlebih, jika terjadi ledakan Covid-19 saat ini belum tentu mudah diatasi karena ancaman munculnya varian baru.

“Karena itu pemerintah harus konsisten harus tutup,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 ini tidak bisa bergantung dengan pemerintah untuk selalu mengawasi masyarakat agar taat protokol kesehatan, baik saat bepergian maupun liburan. Pengunjung wisata menurutnya harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Oleh karena itu, pembukaan tempat wisata harus disertai dengan ketaatan pengunjung dalam menerapkan protokol kesehatan secara benar

Janiaton menilai, dari sisi kepariwisataan, pembukaan tempat wisata di masa pandemi tak ubahnya dengan mengeluarkan kebijakan spekulatif.

Sebab, membuka kunjungan destinasi wisata berarti pemerintah dan masyarakat harus siap dengan risiko bertambahnya kasus Covid-19 apabila penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata tidak terjamin.

Baca Juga: Tempat Wisata Dibuka, Kasus Covid-19 di Yogyakarta Melonjak

Ia juga menyarakan pemerintah untuk membuat kebijakan baru terkait wisata. Salah satunya, memastikan masyarakat yang boleh berwisata adalah mereka yang sudah divaksin.

“Vaksin jadi jaminan, pemerintah harus mendorong vaksinasi massal jadi semua orang punya kesempatan yang sama untuk pergi ke tempat wisata,” kata Janiaton.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.