Kompas TV regional berita daerah

Klaster Musala, 124 Warga Kulon Progo Positif Covid-19

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 11:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Penyebaran Covid-19 terjadi di empat dusun di Desa Kalirejo dan Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berdasarkan laporan dinas kesehatan setempat, penyebaran Covid-19 di empat dusun itu bermula dari kegiatan musala di Dusun Sangon 1, pada bulan Ramadan lalu.

Hingga saat ini, jumlah warga yang terpapar Covid-19 berjumlah 124 orang, dengan rincian 60 warga Dusun Sangon 1, 60 warga Dusun Kadigunung, 2 warga Dusun Tapen, dan 2 warga Dusun Tlogolelo. Dari 124 warga yang terpapar Covid-19, 121 diantaranya masuk kategori orang tanpa gejala, dan cukup melakukan isolasi mandiri di rumah. Sementara tiga warga lainnya yang memiliki gejala medis kini mendapat perawatan di rumah sakit, dan satu warga telah meninggal dunia.

Untuk meringankan beban mereka yang menjalani isolasi mandiri, pihak dinas sosial bersama pemerintah setempat setiap harinya menyediakan makanan gratis yang diantar langsung para relawan ke rumah warga, namun tanpa berinteraksi langsung dengan penghuni yang terpapar Covid-19.

"Untuk kasus Covid-19 yang berada di Dusun Sangon 1, tepatnya di perbatasan Kelurahan Hargomulyo. Alhamdulillah untuk warga semua sudah di tes PCR, dan itu salah satu permintaan dari warga, biar semua jelas terkait dengan kondisi, keadaan, kesehatan khususnya warga Sangon 1," kata Sudarman, Kepala Dusun Sangon 1 kepada wartawan.

Upaya tracing di empat dusun masih terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, karena dimungkinkan jumlah warga yang terpapar Covid-19 masih akan bertambah.

#Covid-19 #KabupatenKulonProgo #DinasKesehatan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x